1.200 Pelajar Tampilkan MASTER di Hardiknas

182
pelajar SD dan SMP tampilkan hapalan Al-Quran dan terjemahannya
KEREN. Sebanyak 1.200 pelajar SD dan SMP tampilkan hapalan Al-Quran dan terjemahannya disertai gerakan tubuh dengan menggunakan metode MASTER.

INDRAMAYU – Sebanyak 1.200 pelajar tingkat SD dan SMP menampilkan kemampuannya menghafal Al-Quran disertai terjemahan pada peringatan Hari Pendidian Nasional (Hardiknas) tahun 2018 tingkat Kabupaten Indramayu, Rabu (2/5). Penampilan dengan gerakan tubuh itu merupakan aplikasi metode Menghafal Al-Quran Semudah Tersenyum (MASTER).

Dihadapan Bupati Hj Anna Sophanah, para pelajar yang tampil dengan sangat mudah membaca hafalan surat-surat Al-Quran dan terjemahannya. Gerak tubuhnya disesuaikan dengan ayat maupun kalimat terjemahan. “Metode ini cukup bagus sehingga anak-anak bisa menghapal ayat-ayat Al-Quran beserta dengan terjemahannya, kita juga mengenal metode lainnya seperti halnya tamyiz. Metode ini kita coba kaji apakah bisa diterapkan di semua sekolah,” ungkap bupati dengan perasaan bangga dan apresiasinya.

Untuk itu, peringatan Hardiknas agar dijadikan momentum untuk melakukan muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah diperjuangkan di bidang pendidikan. Perlu pula menerawang ke depan atau membuat proyeksi tentang pendidikan nasional yang dicita-citakan bersama.

Sehingga pada peringatan tersebut, bupati menilai perlu merenung sejenak untuk menengok ke belakang, melihat apa yang telah dikerjakan di bidang pendidikan. Kemudian melangkah ke depan guna menggapai cita-cita pendidikan nasional yang didambakan. “Kita menyadari bahwa kondisi ideal pendidikan dan kebudayaan nasional yang kita cita-citakan masih jauh dari jangkauan. Kita terus berusaha keras memperluas akses pendidikan yang berkualitas, terus-menerus mengalibrasi praktik pendidikan agar memiliki presisi atau ketelitian yang tinggi, sesuai dengan tuntutan masyarakat, lapangan pekerjaan, dan kebutuhan pembangunan,” papar bupati.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Indramayu, Ali Hasan menambahkan, pada peringatan Hardiknas tersebut, selain ditampilkan hapalan Al-Quran juga ditampilkan marching band dan kehadiran 900 siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kabupaten Indramayu. Juga diserahkan penghargaan kepada para pemenang lomba dan kepala sekolah serta guru berprestasi tingkat Kabupaten Indramayu. (tar)