Ada Filosofi Warna di Sosialisasi Pemilu 2019

147
Sosialisasi Pemilu 2019 oleh KPU
SERENTAK. Sosialisasi Pemilu 2019 oleh KPU Kabupaten Indramayu diisi seni budaya dengan filosofi warna.

INDRAMAYU – Digelar di Panggung Keong Kawasan Kuliner Cimanuk, sosialisasi Pemilu 2019 dengan filosofi warna digelar semarak oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu, Sabtu (21/4). Suguhan seni budaya menjadi konsep yang melekat pada rangkaian acaranya.

Sosialisasi yang melibatkan seniman dan budayawan Kota Mangga itu menampilkan koreografi bernuansa kontemporeri topeng kelana panji dengan aplikasi berokan. Juga mengenalkan partai politik peserta Pemilu 2019 dengan kemasan seni budaya. Bahkan disediakan beragam doorprize yang diundi diujung acara.

Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Murtiningsih Kartini SH MH mengatakan, sosialisasi tersebut merupakan agenda yang dilaksanakan secara serentak se-Indonesia. Sehingga masyarakat mengetahui bahwa pada 17 April 2019 nanti akan berlangsung pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. “Intinya menyosialisasikan Pemilu 2019. Masyarakat harus tahu dan berpartisipasi,” jelasnya.

Adapun filosofi warna yang menjadi tema acaranya berkaitan dengan beragam warna partai politik peserta pemilu. Namun tetap penting untuk menyukseskan pesta demokrasi dengan tidak menimbulkan ekses. Karena dengan pemilih yang berdaulat, maka negara akan kuat. “Kami terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berdemokrasi yang baik,” kata dia.

Adapun targetan angka partisipasi pemilihnya diharapkan bisa mencapai di kisaran 80 persenan. Angka ini diakui lebih tinggi dari target Pilkada Jabar 2018 yang dipatok 77,5 persen. “Mudah-mudahan tercapai, apalagi ada pemilihan DPRD kabupaten,” kata dia.

Sementara itu, untuk pemilihan DPRD Kabupaten Indramayu telah ditetapkan 6 daerah pemilihan (dapil) yang mencakup 31 kecamatan dengan jumlah kursi 50. Dapil Indramayu 1 yang meliputi Kecamatan Arahan, Balongan, Cantigi, Indramayu, Lohbener, Pasekan dan Sindang 10 kursi. Dapil Indramayu 2 meliputi Kecamatan Juntinyuat, Karangampel, Kedokanbunder, dan Krangkeng 7 kursi. Dapil Indramayu 3 yang meliputi Kecamatan Bangodua, Jatibarang, Kertasemaya, Sliyeg, Sukagumiwang, Tukdana, dan Widasari 10 kursi.

Berikutnya Dapil Indramayu 4 mencakup Kecamatan Cikedung, Lelea, Losarang, dan Terisi 6 kursi. Dapil Indramayu 5 yang meliputi Kecamatan Bongas, Gabuswetan, Kandanghaur, dan Kroya tetap 7 kursi. Lalu Dapil Indramayu 6 yang terdiri dari Kecamatan Anjatan, Gantar, Haurgeulis, Patrol, dan Sukra juga tetap tidak berubah dengan 10 kursi. (tar)