Alat Peraga Kampanye Rindu Paling Banyak Dirusak

234
APK Dirusak
RUSAK. APK di berbagai wilayah di Jabar milik pasangan Cagub Cawagub Rindu tampak dirusak oleh orang tidak dikenal.

 ALAT peraga kampanye (APK),  seperti spanduk, baligo, mini banner Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) yang dipasang di beberapa daerah di Jabar nyaris 60 persen dirusak. Perusakan itu mencederai proses demokrasi Pilkada yang seharusnya dibangun bersama oleh setiap paslon.

Ketua Relawan Barisan Ridwan Kamil (BARMIL) Jabar Bagus Machdiantoro menyatakan, hal itu menanggapi perusakan APK Rindu di beberapa daerah. Antara lain di Priangan Timur, seperti Garut, Tasikmalaya, juga di Kabupaten Bandung.

Tak hanya perusakan APK, menurut Bagus, terjadi juga intimidasi terhadap relawan Rindu yang dilakukan oleh Panwaslu dan Satpol PP setempat. Bagus menceritakan, bentuk intimidasinya berupa peneguran dan pelarangan memasang spanduk di depan rumah relawan. “Padahal itu kan tidak ada aturannya di KPU. Relawan itu memasang spanduk di depan  rumahnya sebagai bentuk dukungan dia kepada paslon Rindu,” kata dia di Bandung, Rabu (20/6).

Bagus mengaku kecewa terhadap sikap petugas Panwaslu maupun Satpol PP yang bertindak demikian. Terkait, perusakan APK, pihaknya tengah mendokumentasikan spanduk, baliho dan mini banner yang dirusak  itu untuk kemudian dilaporkan ke Bawaslu maupun Panwaslu dalam waktu dekat ini.

Sepanjang pengamatan dan laporan dari para relawan, menurut Bagus, hanya APK Rindu yang banyak dirusak. Perusakan itu sangat masiv. “Dipasang malam, besoknya sudah sobek atau bolong,” ujarnya.