Bamunas: Sampah di TPA tak Boleh Ganggu Kesehatan Warga

252
KELOLA SAMPAH
KELOLA SAMPAH. Calon Walikota Cirebon nomor urut satu, Bamunas S Boediman menengok pengelolaan sampah di pinggiran Kota Cirebon.

HARJAMUKTI – Sampah memang menjadi salahsatu faktor yang bisa menganggu kesehatan, sehingga untuk menciptakan masyarakat Kota Cirebon yang sehat, penanganan sampah menjadi hal pertama yang harus dilakukan.

Hal tersebut menjadi persoalan yang didiskusikan oleh Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota nomor urut satu, Bamunas S Boediman dan Effendi Edo saat melakukan blusukan di wilayah Kelurahan Kalijaga beberapa waktu lalu.

Menanggapi salahsatu warga yang mengeluhkan mengenai bau sampah dari TPA Kopi Luhur yang sampai ke Kelurahan Kalijaga, padahal TPA Kopiluhur berada di Kalurahan Argasunya yang memiliki wilayah cukup luas. Dikatakan Bamunas, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah harus menjadi perhatian serius pemerintah Kota Cirebon, keberadaan TPA tidak boleh menganggu kesehatan warga di sekitar TPA.

“Kalau bau sampah dari TPA Kopiluhur sampai kesini, bagaimana warga di sana (Argasunya, red) yang berdekatan langsung dengan TPA, berarti disana ada yang harus diperbaiki,” ungkap Bamunas.

Sebagai salahsatu konsep yang sudah disiapkannya untuk menyelesaikan permasalahan sampah, lanjut Bamunas, selain pengelolaannya harus dimulai dari rumah dengan cara melakukan pemilahan dan diteruskan menuju bank sampah, pengelolaan di TPA pun perlu diperhatikan.

“Untuk di TPA, kita harus memanfaatkan teknologi tepat guna, kita ajak kerjasama pihak rekanan untuk menangani sampah disana. Jadi kedepan sampah ini harus ditangani secara profesional, dengan memperhatikan aspek kesehatan dan keindahan lingkungan,” kata Bamunas. (sep)