Demokrat: Pilgub Hanya 2DM vs Rindu, Lah yang Lainnya Kemana?

122
EMPAT JARI. Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat, Irfan Suryanegara dan Ketua DPC Partai Demokrat Kota Cirebon, M Handarujati Kalamullah mengacungkan salam empat jari, sebagai simbol dukungan kepada pasangan Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi. FOTO: NURUL FAJRI/RAKYAT CIREBON

CIREBON – Sejumlah lembaga survei menempatkan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi (2DM) pada peringkat teratas dari sisi popularitas dan keterpilihan (elektabilitas).

Paket cagub dan cawagub yang diusung Partai Demokrat dan Partai Golkar itu persis hanya dibuntuti duet Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum (Rindu). Sedangkan dua pasang cagub dan cawagub lainnya terpaut lumayan jauh.

Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat, Irfan Suryanegara menyampaikan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan Lingkar Survei Indonesia (LSI) terbaru, tingkat keterpilihan 2DM mencapai sekitar 43 persen. “Ini kepercayaan yang tinggi dari masyarakat. Berkat kerja-kerja partai pengusung maupun paslon itu sendiri,” ungkap Irfan.

Ia menambahkan, secara teori, peningkatan elektabilitas di sisa waktu sekitar dua bulan menuju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 27 Juni mendatang, hanya bisa bertambah 4 persen. “Maka, ini pertarungannya hanya nomor 1 (Rindu) dan 4 (2DM),” katanya.

Namun demikian, Irfan mengaku, Partai Demokrat maupun Partai Golkar tak ingin lengah dengan dinamika saat ini. Meskipun 2DM unggul berdasarkan survei sejumlah lembaga, tapi mesin partai maupun paslon tidak akan menghentikan langkah untuk terus bersosialisasi ke masyarakat.

“Di sisa waktu dua bulan ini kita harus kerja keras lagi. Kita berharap elektabilitas 2DM bisa sampai 50 persen. Sehingga untuk keterpilihan jadi gubernur bisa tercapai dengan prosentase tinggi,” tuturnya.

Di sisi lain, Irfan menyebutkan, dari lima wilayah besar atau zonase di Jabar, empat diantaranya sudah dikuasai dengan tingkat elektabilitas tertinggi. “Khusus di wilayah Pantura, kita juga leading dan kita yakin akan seperti itu hasilnya,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Cirebon, M Handarujati Kalamullah SSos mengaku, pihaknya selain fokus pada pemenangan 2DM untuk Pilgub Jabar, juga memenangkan pasangan Drs Nashrudin Azis SH dan Dra Hj Eti Herawati (Pasti) untuk di Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Cirebon. “Untuk 2DM dan Pasti kita optimis bisa menang,” katanya. (jri)