Ikut Petani Berlayar, AHY Panen Rumput Laut

410
PANEN. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama petani rumput laut di Kecamatan Lea-lea, Kelurahan Palabusa, Baubau, Sulawesi Tenggara, Jumat (4/5) pagi.

MEMASUKI hari ke-2 berkegiatan di Baubau, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengawali harinya dengan melaut bersama petani rumput laut di Kecamatan Lea-lea, Kelurahan Palabusa, Baubau, Sulawesi Tenggara, Jumat (4/5) pagi.

Setibanya di Palabusa, AHY disambut Lurah Palabusa Rukiya dan salah satu petani rumput laut Palabusa, Bahar. Bahar langsung menaiki koli-koli atau perahu, untuk meninjau tempat budidaya dan memanen rumput laut. Setelah berlayar sekitar 1 kilometer ke tengah laut, AHY sampai di salah satu tambak rumput laut yang sudah siap panen. Di bawah matahari yang cukup terik, AHY memanen rumput laut yang ada di bawah perahunya.

“Alhamdulillah hari ini kita panen rumput laut. Mudah-mudahan ke depan semakin baik, semakin bagus panennya, kemudian juga bisa dijual dengan harga yang baik untuk meningkatkan kesejahteraan para petani kita, terutamanya di Palabusa ini,” ujar AHY sambil memberikan hasil panen rumput laut kepada Bahar.

Usai memanen, AHY kembali ke daratan dan bertemu dengan para petani rumput laut yang lain. Dengan seksama AHY menyaksikan para petani mengikat bibit rumput laut ke tali hingga menjemur rumput laut yang sudah dipanen.

Kepada rakyat Palabusa, sambil tersenyum AHY menceritakan pengalamannya barunya saat memanen rumput laut tadi. “Saya merasa sangat senang hari ini bisa berkunjung secara langsung, menyapa Bapak Ibu warga Palabusa. Saya juga ingin secara langsung menyaksikan dan merasakan apa yang dikerjakan oleh masyarakat, kelompok petani pembudidaya rumput laut. Tadi sampai ke tengah-tengah dan alhamdulillah sekarang berinteraksi secara langsung,” ujar AHY menyapa para warga yang sudah berkumpul untuk bertemu AHY.

“Ini juga pengalaman baru buat saya untuk secara langsung melihat dari dekat proses pembudidayaan rumput laut. Ini juga menjadi komoditas utama dari masyarakat yang ada di Palabusa ini. Saya juga mendoakan Bapak Ibu sekalian semakin baik kehidupannya. Kita berjuang bersama-sama,” sambungnya.

Setelah menyapa warga, AHY secara simbolis memberikan bantuan untuk warga Palabusa berupa seperangkat perlengkapan budidaya rumput laut kepada Zainuddin (39), salah satu petani rumput laut.

“Sangat senang sekali tadi diberikan bantuan seperti gabus, tali, untuk perlengkapan agar-agar,” ujar Zainuddin setelah menerima bantuan dari AHY. “Dengan seringnya tokoh-tokoh seperti Mas AHY datang ke Palabusa seperti ini, saya rasa sangat senang sekali di sini. Kami merasa pasti yang tadinya tidak dilihat, mudah-mudahan dengan adanya kunjungan seperti ini bisa dilihat kehidupan di sini sehari-harinya,” pungkasnya.

Sebelum meninggalkan Palabusa, AHY mencicipi suguhan berbagai makanan hasil olahan rumput laut mulai dari minuman rumput laut hingga agar-agar. “Mantaaaap…” seru AHY panjang setelah menenggak habis hampir setengah botol minuman sari rumput laut. (bcr/csa)

BAGIKAN