Ingin Tingkatkan SDM, Disbudpar Intensif Bekali Kompepar

157
LATIH. Kompepar se-Kabupaten Indramayu dilatih secara bertahap oleh Disbudpora untuk mengelola pariwisata dengan baik dan benar. NURUL APRIYANTO/RAKYAT CIREBON
LATIH. Kompepar se-Kabupaten Indramayu dilatih secara bertahap oleh Disbudpora untuk mengelola pariwisata dengan baik dan benar. NURUL APRIYANTO/RAKYAT CIREBON

INDRAMAYU – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) bekali sejumlah Kelompok Masyarakat Penggerak Pariwisata (Kompepar) melalui Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dalam pengembangan pariwisata. Mengingat sumberdaya alam yang ada di Kabupaten Indramayu, berpotensi besar untuk pembangunan sektor wisata.

Kepala Disbudpar Odang Kusmayadi menjelaskan, SDA yang ada di Kabupaten Indramayu berpotensi besar untuk membangun sektor wisata, salah satunya wisata bahari. Kondisi tersebut, harus dimanfaatkan demi kemajuan daerah dan masyarakatnya. Terlebih saat ini DPRD Indramayu tengah membahas 2 Raperda yakni Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA) Kabupaten Indramayu Tahun 2018-2028 dan Tanda Daftar Usaha Pariwisata.

“Sejumlah Kompepar akan dididik dan dilatih, bagaimana mengembangkan pariwisata di masyarakat, diantaranya ada dari Tambi, Indramayu dan Segeran serta yang lainnya,” tegasnya.

Hal tersebut sengaja dilakukan, menurut Odang, guna penambahan kapasitas keilmuan dan referensi dalam mengelola pariwisata yang baik dan benar, sehingga mampu menarik perhatian termasuk minat warga, tidak menutup kemungkinan turis asing kepincut untuk mendatangi lokasi wisata tersebut.

“Pariwisata sudah harus dilengkapi dengan teknologi dan manajemen dalam pengelolaanya, jika tidak akan tertinggal jauh,” ucapnya.

Diakui, saat ini posisi pariwisata tengah mengalami peningkatan pada skala nasional, bahkan kedepan sektor pariwisata akan menjadi sumber penyumbang devisa bagi negara yang sangat dipehitungkan. Oleh karena itu, Indramayu harus membangun daya tarik tersendiri, untuk mengundang orang untuk datang.

Dalam kesempatan itu, Odang juga memotivasi kepada para peserta untuk mengikuti Diklat dengan baik, ilmu yang disampaikan oleh pemateri agar disimak dan ditelaah dengan seksama, dengan harapan penambahan wawasan tersebut bisa diakualisasikan untuk mengembangkan pariwisata di Kabupaten Indramayu.

“Silahkan dibesarkan tempat-tempat pariwisata yang ada di Kabupaten Indramayu, tetap memegang teguh aturan dan komitmen dalam membangung dan mengelola pariwisata,” tuturnya. (yan)