Kartika Sigalingging, Cinta Budaya Cirebon

219
Kartika Sigalingging
Kartika Sigalingging

MESKI bermarga Batak, kecintaan Kartika Sigalingging pada budaya Cirebon tak ragukan lagi.  Perempuan cantik yang sedang menempuh pendidikan tingginya di Kota Cirebon itu terpesona dengan  Cirebon lantaran memiliki situs budaya dan seni tradisional yang masih terjaga.

Bagi dia, bukan hal yang tabu jika anak muda seperti dirinya suka pada hal-hal  yang berbau ketradisionalan. Justru,  hal itu membuktikan  seni dan budaya tradisional bisa dinikmati semua kalangan.

“Saya suka seni budaya Cirebon. Dan saya bangga seni budaya Cirebon sudah terkenal sampai ke mancanegara. Para seniman Cirebon juga banyak yang terkenal di dunia,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon.

Bahkan, bergumul dengan seni dan budaya tradisional mendatangkan kebahagiaan  tersendiri bagi Kartika. Pasalnya, selain dia  mengenal dan belajar hal baru, kecintaan dia pada seni dan budaya tradisional  juga sebagai bentuk kepedulian dan  pelestarian.

“Saya suka tari topeng, burok, lukisan kaca, dan batik trusmi. Mahasiswa atau anak-anak muda harus suka dan cinta seni budaya daerah. Selain hangout ke mall, kita juga bisa hangout melihat penampilan tari topeng dan burok, serta ke galeri lukisan kaca dan pusat batik di Trusmi,” tukas dia. (wan)