KPU Lakukan Penyusunan Draf DCS

434
DRAF
DRAF. Perwakilan parpol saat mencocokan data hasil verifikasi dokumen perbaikan bacaleg Pemilu 2019.

INDRAMAYU – Sebelum ditetapkannya Daftar Calon Sementara (DCS), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu masih menyiapkan draf susunannya sesuai hasil verifikasi terhadap dokumen perbaikan setiap bakal calon anggota legislatif (bacaleg). Rencananya, DCS akan diumumkan mulai 12 Agustus 2018.

Komisioner Divisi Teknis KPU Kabupaten Indramayu, Pitrahari SIP mengatakan, penyusunan DCS didasarkan pada hasil verifikasi terhadap dokumen perbaikan yang telah diserahkan kepada masing-masing partai politik pada Rabu (8/8) lalu. Dari 14 parpol peserta Pemilu 2019 yang akan berkompetisi merebutkan 50 kursi DPRD Indramayu, sebanyak 581 bacaleg tersebar di 6 daerah pemilihan (dapil). “Penyusunan dan penetapan DCS 8 sampai 12 Agustus,” jelasnya.

Kasubbag Teknis dan Hupmas KPU Kabupaten Indramayu, Dimas Pria Yudhistira SH LLM memastikan tahapannya sudah sesuai jadwal yang telah ditentukan. Adapun pengumuman DCS disampaikan mulai 12 hingga 14 Agustus. Terdapat pula tahapan yang memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menanggapi DCS. “Masukan dan tanggapan masyarakat dari 12 sampai 21 Agustus,” sebutnya.

Bersamaan dengan penyusunan DCS, pihaknya telah meminta kepastian dari masing-masing parpol untuk mengecek data semua bacaleg. Mulai dari foto, nama, dan gelar. “Supaya tidak ada kesalahan pada DCS kami sudah meminta parpol untuk mengecek. Nanti nomor urut yang tidak lolos verifikasi perbaikan diisi oleh urutan berikutnya dan seterusnya,” pungkasnya. (tar)