KPU Tetapkan DPT 1.635.993 Pemilih

337

Mengenai langkah penyediaan fasilitas bagi disabilitas, Saefudin mengungkapkan pihaknya akan melihat data dari petugas di lapangan. Artinya, fasilitas yang disediakan antara TPS satu dengan launnya tidak akan sama.

“Kita sesuaikan kebutuhan di tps berapa ada berapa disabilitas misalkan tuna netra. Tidak semua TPS terdapat tuna netra sehingga kami juga tidak akan menyamaratakan. Kaitannya dengan form berhuruf braille, itu juga akan kita sesuaikan dengan data yang ada. Intinya, kita akan maksimal dalam memberikan pelayanan kepada disabilitas ini,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Cirebon, Moch Syafrudin menyebutkan saat ini sudah tidak ada kekhawatiran lagi bagi warga yang belum memiliki KTP elektronik untuk memberikan hak suaranya. Dia mengatakan, disdukcapil akan terus berupaya membantu KPU dalam hal pendataan warga khususnya yang sudah tergolong pemilih.

“Data di kita tinggal 23 ribu yang belum memiliki KTP elektronik. Dari jumlah tersebut, 17ribu diantaranya belum melakukan perekaman. Kedepannya, mungkin kita akan memberikan surat keterangan bahwa yang bersangkutan memang sudah ada di database tetapi belum melakukan perekaman. Intinya, warga jangan khawatir tidak bisa nyoblos karena kita ada databasenya. Semoga saja sebelum pelaksanaan, semuanya sudah selesai,” singkatnya. (yog)