Lingkungan RW Bakal Makin Terang

Dishub Kota Cirebon Siapkan Teknisi Pemasangan PJU

100
SMART PJU. Kepala UPT PJU Dinas Perhubungan Kota Cirebon, Dodi Rochdiat AMKL menunjukan peralatan Smart PJU. Dishub memang tidak memiliki anggaran pemasangan PJU di tingkat RW. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON
SMART PJU. Kepala UPT PJU Dinas Perhubungan Kota Cirebon, Dodi Rochdiat AMKL menunjukan peralatan Smart PJU. Dishub memang tidak memiliki anggaran pemasangan PJU di tingkat RW. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON

KESAMBI – Instalasi listrik untuk pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kota Cirebon sudah dipasang hingga di tingkat RW.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Kepala UPT PJU Dinas Perhubungan, Dodi Rochdiat AMKL kepada Rakyat Cirebon di ruang kerjanya, kemarin.

“Di lingkungan RW juga inginya kami ganti dengan Smart PJU. Cukup pakai yang 40 watt. Namun, untuk instalasi listriknya sudah pasang. Karena, program KWH-nisasi sudah kami lakukan sejak 2016. Jadi, nanti kalau mau pasang PJU tinggal nyambungin dayanya,” ujar Dodi.

Bagi RW yang ingin memasang PJU di wilayahnya, diakui Dodi Dishub memang tidak memiliki anggarannya. Namun, untuk pemasangan, pihak RW harus menyediakan peralatan sendiri. Lalu instalasi pemasangan dilakukan oleh petugas Dishub.

“Di Dishub tidak ada anggaran untuk pengadaan PJU. Tapi, kalau mau pasang, nanti pihak RW tinggal beli alatnya lalu pemasangan sampai perawatan kami yang menangani,” lanjut Dodi.

Pemasangan PJU di tingkat RW, kata dia, pembelian peralatan mulai dari lampu sampai peralatan pendukung diperkirakan akan menghabiskan anggaran sekitar Rp750 ribu. Jika peralatan sudah ada, kami siap mengirim teknisi untuk memasang PJU tersebut.

“RW yang ingin mengajukan tinggal datang ke Dishub, anggaran pengadaan dari RW, teknisinya saja dari kami. Perawatan di Dishub, termasuk pembayaran listrik nantinya,” jelas Dodi.

Sampai saat ini, diperkirakan Dodi, semua RW di Kota Cirebon sudah memiliki PJU untuk di masing-masing wilayahnya. Akan tetapi, apakah PJU yang sudah ada sudah cukup atau masih kurang untuk menerangi lingkungan. Hal tersebut menjadi harus diperhatikan bersama.

“Saya rasa sudah semua RW punya PJU, hanya saja kurang atau lebihnya saya kurang tahu,” imbuhnya. (sep)