Peringati Hardiknas, Ratusan Guru Olahraga Gowes Bareng

218
LEPAS GOWESER. Pj Walikota Cirebon
LEPAS GOWESER. Pj Walikota Cirebon, Drs H Dedi Taufik saat melepas ratusan goweser di Kantor Dinas Pendidikan, kemarin.

KESAMBI – Menjelang Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap tanggal 1 Mei, Dinas Pendidikan memulai serangkaian acara peringatan dengan menggelar Gowes bersama seluruh guru olahraga di Kota Cirebon, baik di tingkat SD, SMP dan SMA, Jumat (27/04).

Rombongan gowes pun dilepas langsung oleh Pj Walikota Cirebon, Drs H Dedi Taufik di halaman Kantor Dinas Pendidikan dan akan melalui rute sampai titik garis finish di SMPN 9 Kota Cirebon.

Dalam sambutannya, Pj Walikota Cirebon, Drs H Dedi Taufik berpesan, agar selain terus meningkatkan kualitas pendidikan yang ada, Dinas Pendidikan juga mulai menggalakkan gerakan-gerakan Peduli Lingkungan.

“Kedepan, saya minta kepada Kadisdik agar agenda gowes bersama seperti ini diikuti dengan program peduli terhadap lingkungan. Semisal dikemas dengan satu sepeda menanam satu atau dua pohon, atau bisa juga sambil bersepeda sambil bersih-bersih lingkungan sekitar,” ungkap Dedi.

Dari kegiatan seperti itu, lanjut Dedi, akan banyakmanfaat yang didapatkan, selain menguatkan hubungan sosial dengan masyarakat, kita juga bisa ikut berpartisipasi dalampenyediaan oksigen di lingkungan perkotaan.

“Dengan demikian, silaturahim terjaga, oksigen yang dihirup pun lebih sehat, dan kita harus ikut berpartisipasi dalam pengupayaannya,” lanjut Dedi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Drs. H. Jaja Sulaeman, M.Pd, mengungkapkan, kegiatan gowes bareng pada momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ini sengaja dilaksanakan sebagai ajang silaturahmi antara tenaga pengajar satu dengan yang lain, atau dengan pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan.

“Dengan kegiatan ini tentu saja kami berharap guru olahgara dan seluruh jajaran Dinas Pendidikan Kota Cirebon sehat baik jasmani maupun rohani,” ungkap Jaja.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, acara gowes bersama Dinas Pendidikan kemarin diikuti oleh sedikitnya 200 orang goweser. Selain guru olahraga, gowes bareng juga diikuti oleh pimpinan organisasi perangkat daerah di Kota Cirebon dengan mengambil start dari Kantor Dinas Pendidikan Kota Cirebon dan berakhir di SMP Negeri 9, Jalan Pramuka No 29 Argasunya, Kota Cirebon.

Selain gowes bareng kemarin, sejumlah rangkaian juga akan digelar terkait dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional, diantaranya seperti agenda tabur bunga serta puncaknya dengan upacara Hari Pendidikan Nasional 2 Mei mendatang. (sep)