Persatuan Kita Sedang Diuji

289
PIMPIN UPACARA
PIMPIN UPACARA. Sultan Kasepuhan, PRA Arief Natadiningrat SE saat menjadi pembina upacara HUT Kemerdekaan di halaman  Keraton Kasepuhan. Di momen kemerdekaan Sultan berpesan jaga persatuan bangsa.

CIREBON – Sultan Kasepuhan ke XIV, PRA Arief Natadiningrat SE  mengatakan, momentum hari kemerdekaan RI ke-73 harus dimaknai sebagai  pemersatu warga negara Indonesia dari berbagai latar belakang.

Dia mengungkapkan, meski di tahun politik, urusan persatuan harus menjadi agenda utama setiap warga negara Indonesia.  Tak boleh ada perselisihan gara-gara beda pandangan politik. Sultan Arief pun mencontohkan dengan konsep ucapara yang digelar di halaman Keraton Kasepuhan.

“Kami di sini sebagai rasa syukur memperingati HUT kemerdekaan dengan upacara. Dengan berpakaian tradisional, musik tradisional, ada pakaian mengenang sejarah Indonesia,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon.

Sultan Arief mengatakan, setidaknya ada beberapa poin yang perlu dicatat dalam peringatan HUT kemerdekaan  di tahun politik ini. Yakni menjaga persatuan dan kesatuan. Dia menyebut  persatuan dan kesatuan Indonesia sedang diuji.

“Karena persatuan dan kesatuan republik Indonesia sedang diuji saat ini dengan era globalisasi, era internet, era demokrasi, era multi partai dan mudah-mudahan kita bisa lolos dalam ujian ini untuk menjaga pesartuan dan kesatuan,”  lanjut dia.