Peternak Masih Disuplai dari Luar Kota

220
PEMERIKSAAN
PEMERIKSAAN. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon melihat langsung kondisi kandang pada peternakan hewan kurban, kemarin.

SUMBER – Kebutuhan hewan ternak khususnya Sapi dan Kambing jelang Hari Raya Idul Adha terus meningkat. Tak jarang, peternak yang juga penjual mendatangkan hewan tersebut dari luar kota.

Dikatakan salah satu peternak di Desa Kubang Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon, saat ini permintaan hewan kurban terus meningkat. Meskipun telah beternak sendiri, jumlah hewan ternaknya dibandingkan dengan permintaan masih tidak seimbang.

“Kita ambil dari daerah Jawa Tengah dan Timur. Kalau ternak kita tidak cukup untuk memenuhi permintaan. Dalam satu hari, saya pernah menjual sepuluh sampai 15 ekor,” ungkap Rojai kepada wartawan, Rabu (15/8) di lokasi peternakan.

Dikatakan Rojai, peternakannya kali ini hanya bisa memenuhi permintaan Cirebon dan Kabupaten Indramayu. Untuk luar daerah tersebut, Rojai mengaku mengambil dari luar kota.

“Kalau kita ngambil bisa lebih murah dan masih ada keuntungan buat kita. Di peternakan ini kan kelompok jadi dikelola bersama. Ada sapi dan kambing disini dan pembeli bisa langsung melihat hewannya,” ujar Rojai.