Pulang, Setelah 13 Tahun Hilang Kontak

414

Tidak jauh berbeda dengan Castinah, Rasja ayah kandung Dastin mengakui sangat bahagia, karena selama 13 Tahun Dastin tidak diketahui keberadaanya. Namun, kini keluarganya tersebut kembali utuh. “Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mencari dan memulangkan Dastin,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) cabang Indramayu Juwarih menyatakan, agar pihak keluarga berterimakasih kepada Pemerintah yang telah menindaklanjuti aduanya, sehingga PMI tersebut bisa kembali pulang dalam keadaan selamat dan sehat.

Sementara untuk hak Dastin selama 13 Tahun bekerja, sambung Juwarih, sudah terpenuhi oleh majikanya. Karena, dikatakan Juwarih berdasarkan hasil komunikasi dengan  Atase Ketenagakerjaan KBRI Amman di Yordania, Suseno Hadi, sebelum Dasti dipulangkan ke Indonesia, KBRI Amman menuntut majikan Dastin yang beralamat di  PO Box 132, Deater Mimi Cipality, Amman Yordania, diwajibkan  membayar hak Dastin selama 13 Tahun bekerja.

Diharapkan, hasil keringat selama bekerja di Negara Yordania dimanfaatkan untuk keperluan produktif, dengan harapan Dastin tidak berangkat lagi menjadi PMI.

“Pesan kepada Dastin, harus banyak bergaul dengan orang yang baik di kampungnya, dan harta yang diperoleh dari Jordan semoga digunakan untuk membuat usaha, agar masa depannya sejahtera,” ucap Juwarih, menirukan pesan dari Atase KBRI Amman untuk Dastin. (yan)