Ratusan Warga Cicurug Berebut Ikan di Sungai

490
NYEBUR BARENG.
NYEBUR BARENG. Ratusan masyarakat yang ada di kelurahan Cicurug kecamatan Majalengka hari pertama Ramadan mengikuti Gogo ikan di sungai Cijurei Majalengka. Selain ajang silaturhami antar warga, gogo ikan tersebut dalam rangka silaturahmi warga serta menyambut Ramadan 1439 H.

MAJALENGKA-Ratusan masyarakat yang ada di kelurahan Cicurug kecamatan Majalengka hari pertama Ramadan mengikuti Gogo ikan di sungai Cijurei Majalengka.

Koordinator Komunitas Saung Eurih Eman Kurdiman menjelaskan, selain ajang silaturhami antar warga, gogo ikan tersebut dalam rangka silaturahmi warga serta menyambut Ramadan 1439 H.

Eman menjelaskan, warga beramai-ramai masuk atau menyeburkan diri ke sungai untuk menangkap ikan. Tradisi tersebut menjadi turun temurun dilakukan warga Kelurahan Cicurug.

Menurut Eman, di sungai Cijurei terdapat beragam jenis ikan konsumsi. Dan saat ngubek sungai diikuti warga dari berbagai daerah tidak hanya dari Cicurug, tapi ada juga yang dari desa sekitar.

Pihak panitia menyediakan beberapa kuintal ikan dari berbagai jenis yakni nila, emas dan mujair yang ditebar lalu ditangkap oleh peserta gogo ikan.

Uniknya, warga yang menangkap ikan dapat menggunakan berbagai alat seperti serokan dan jala. Ia berharap, tidak hanya menjaga tradisi, tetapi warga juga dapat menjaga kelestarian di sungai Cijurei. “Gogo ikan merupakan tradisi dan kearifan lokal warga Situ Gede yang perlu dilestarikan,” kata kepada Rakyat Majalengka, Kamis (17/5).

Dijelaskan Eman, gogo ikan ini juga merupakan kampanye untuk menjaga kelestarian dan kebersihan aliran sungai khususnya sungai yang ada di Kelurahan Cicurug.

“Mudah-mudahan masyarakat tidak membuang sampah ke sungai. Acara gogo ikan ini merupakan acara rutin tiap tahun yang dilakukan oleh Komunitas Saung Eurih,” ujar Eman.

Sementara itu salah seorang warga yang mengikuti gogo ikan, Indra (30) merasa senang ketika dirinya beserta masyarakat lainnya mengikuti gogo ikan.

“Saya beserta istri dan anak saya ikut gogo ikan, kami merasa senang ikut acaranya,” ungkap dirinya.

Gogo ikan ini diikuti oleh ratusan masyarakat Kelurahan Cicurug, tidak hanya dari pemuda dan bapak-bapak saja namun ibu-ibu (perempuan) dan anak-anak juga mengikutinya.(hsn)