Ridwan Kamil Siap Kaji Ulang Tata Lingkungan Wilayah TPA

384
RK
KAMPANYE. Cagub Jabar Ridwan Kamil akui akan lakukan penataan ulang terhadap pengelolaan TPA agar tidak mencemari air warga sekitar.

KANDIDAT Gubernur Jawa Barat nomor urut 1 Ridwan Kamil mengaku prihatin dengan kondisi lingkungan di kawasan TPA Galuga, Kota Bogor.

“Air di sini sudah tercemar oleh limbah sampah, dampaknya banyak warga sakit akibat pemakaian air di lingkungan sini,” kata dia saat berkunjung ke TPA Galuga, Desa Cijujung, Kecamatan Cibungbulan, Bogor, Senin, (28/05).

Dalam kampanyenya di desa itu, Kang Emil sapaan akrab Walikota Bandung nonaktif itu berkeliling melihat kondisi warga, air sumur yang tercemar limbah sampah. Hingga berdialog dengan warga.

Ketika diberi tahu, ada warga yang sakit bertahun-tahun, Kang Emil  langsung menjenguk ke rumah yang sakit. Dirumah itu, Kakek Jasian, 85 tahun yang sudah bertahun-tahun terbaring sakit terlihat tidur di kursi ruang tamu. Dia berusaha duduk ketika Kang Emil datang ke rumahnya. “Bapak udah ke dokter?,” tanya Kang Emil setelah menyalami kakek Jasian.

“Saya sudah nggak bisa jalan, jadi nggak bisa  ke dokter,”  jawab Kakek Jasian, warga Cisasak Landeh, RT 01 RW 07, Desa Cijujung, Kecamatan  Cibungbulan, Bogor.

“Saya kasih kursi roda mau,” tanya Kang Emil.

“Nggak usah Pak, nanti nggak ada yang dorong. Saya cuma hidup berdua. Saya mah hanya butuh air bersih gratis untuk orang tua seperti saya yang hidupnya dari sedekah orang,” kata Nenek Asimah, 78 tahun, istri Jasian.