Rombak Formasi, 157 Pejabat Dimutasi

279
DISEGARKAN
DISEGARKAN. Suasana ramah tamah usai prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah rotasi dan alih tugas 157 pejabat.

INDRAMAYU – Mutasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu merotasi dan mengalih tugaskan 157 pejabat yang ditandai pelantikan disertai pengambilan sumpah, Rabu (15/8), di Pendopo Raden Arya Wiralodra. Wakil Bupati Drs H Supendi MSi yang menekankan untuk meningkatkan kinerja secara optimal.

Ratusan pejabat tersebut terdiri dari 5 pejabat pimpinan tinggi pratama, 33 pejabat administrator, 118 pejabat pengawas, dan 1 pejabat fungsional di lingkungan Pemkab Indramayu. Adapun dasar pelaksanaan berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 5/2014 tentang ASN, UU Nomor 23/2014 tentang Pemerintah Daerah, PP Nomor 11/2017 tentang Manajemen PNS, Perda 9/2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, serta Perbup Nomor 35/2018.

Wabup Supendi menyampaikan, mutasi dan rotasi jabatan sebagai bagian integral dari upaya reformasi birokrasi guna mewujudkan tata pemerintahan daerah. Selain itu dibutuhkan pemahaman yang sama dari semua ASN terkait makna loyalitas. “Loyalitas ASN adalah mampu menjabarkan program-program pemerintah daerah dan mampu menerapkannya secara baik. Sehingga tujuan dari pemerintah daerah dapat terwujud, dalam hal ini diperlukan peningkatan kinerja pada setiap individu ASN,” tegasnya.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Indramayu, Drs H Wahidin MM mengatakan, beberapa catatan penting untuk diketahui seluruh masyarakat Kabupaten Indramayu tentang tujuan dilakukan mutasi tersebut, diantaranya terdapat beberapa jabatan kosong karena pejabat lama pensiun, pindah, dan meninggal dunia. “Tujuan kegiatan tersebut sebagai upaya penyegaran dan karir dalam jabatan PNS daerah,” jelasnya.

Sementara itu, untuk jabatan tinggi pratama diantaranya adalah Aan Hendrajana yang semula menjabat Sekretaris pada Inspektorat kini menjabat Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika. Takmid yang semula Sekretaris Dinas Pertanian kini menjadi Kepala Dinas Pertanian, Trinani Rochaeningsih yang semula menjabat Kabid Keluarga Berencana, Ketahanan, dan Kejahteraan Keluarga kini menjabat sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Suryono yang semula Kepala Bagian Administrasi Pembangunan kini menjabat sebagai Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan. Dan Iin Indrayati yang semula Sekretaris Badan Keuangan Daerah kini menempati Staf Ahli Bidang Ekonomi,  Keuangan, dan Pembangunan.

Sedangkan pejabat Administrator diantaranya Bambang Priadi yang semula Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kini menjabat Sekretaris Dinas Pertanian. Dadang Rusyanto semula Sekretaris pada Satpol PP dan Damkar,  kini menjabat Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Ahmad Syadeli yang semula Kabag Kesra kini menempati Sekretaris Badan Keuangan Daerah,  posisi Kabag Kesra kini diiisi oleh Ahmad yang semuka Kabid Pembinaan SMP pada Dinas Pendidikan. (tar)