Sarat Peluang, Investor Bangun Mall Indramayu

631
SEREMONI. Wabup Supendi didampingi Dirut dan Komisaris PT Tribandhawa Binasarana-Daniland Grup, Tedy Marko dan Emil Arifin menggunting pita menandai groundbreaking Mall Indramayu.

INDRAMAYU – Ditandai dengan groundbreaking disertai pemasangan sebuah tiang pancang konstruksi utama, pembangunan Mall Indramayu mulai dilaksanakan, Senin (23/4). Berlokasi di Jalan Jenderal Gatot Subroto Indramayu, pembangunannya ditarget rampung pada pertengahan Januari 2019 mendatang.

Direktur Utama PT Tribandhawa Binasarana-Daniland Grup, Tedy Marko mengatakan, pihaknya memilih Indramayu sebagai lokasi ekspansi Kalibata Mall sudah melalui proses panjang dan dipertimbangkan secara matang. Bahkan sebelumnya sudah dilakukan survei dan melibatkan tenaga ahli. “Dipilih Indramayu untuk investasi karena salah satunya menilai belum ada mall, ini potensinya di sini. Apalagi orang Indramayu kalau belanja selalu ke luar daerah. Mall ini nanti akan melengkapi Indramayu,” jelas dia.

Dikatakan, mall tersebut dibangun 3 lantai di atas lahan seluas 2,1 hektar dan terdapat nett leasable area (NLA) seluas 17 ribu meter persegi dengan konsep mall keluarga. Realisasi pembangunan yang sempat tertunda 2 tahun akibat kelesuan bisnis retail itu, diharapkannya dapat menjadi pusat perbelanjaan yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Indramayu. “Sampai saat ini berbagai perusahaan nasional sudah siap masuk. Seperti Matahari, Super Indo, Cinemaxx, Pizza Hut, Optik Melawai serta puluhan outlet lainnya. Kami perkirakan sekitar seribu karyawan dapat bekerja di Mall Indramayu ini,” sebut dia.

Komisaris PT Tribandhawa Binasarana-Daniland Grup, Emil Arifin mengungkapkan, investasi di Indramayu dalam bentuk Mall Indramayu akan sangat menguntungkan. Karena menurutnya Kabupaten Indramayu memiliki potensi perekonomian yang cukup besar dengan ditopang oleh industri migas, pertanian, perikanan, dan transportasi yang memadai.

Diyakininnya, perkembangan Kabupaten Indramayu akan lebih meningkat jika dibuat pintu khusus dari Tol Cipali yang akan menuju ke kota Indramayu. Sehingga investasi pihaknya di Indramayu sangat serius, karena setelah selesai pembangunan Mall Indramayu tahun 2019 mendatang akan dilanjutkan dengan pembangunan hotel ditempat yang sama pada tahun 2020.

Sementara itu, Wakil Bupati Indramayu, Drs H Supendi MSi menyampaikan optimismenya dengan kehadiran Mall Indramayu yang akan menjadi pengungkit perekonomian. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan berdampak multi efek untuk perkembangan di sekitar lokasinya. “Insya Allah perputaran uang akan terjadi di Indramayu, jika selama ini banyak uang yang dibelanjakan di luar daerah, maka dengan Mall Indramayu perputaran uang akan terjadi di daerah sendiri,” kata dia.

Selain itu, wabup sangat berharap dengan pembangunan mall tersebut dapat menjadi bagian penting untuk berperan dalam membuka lapangan kerja. Sehingga dalam perekrutan karyawannya dapat menerima masyarakat lokal dengan jumlah yang banyak. “Jadi tidak hanya berbisnis, di Mall Indramayu ini nantinya ada banyak masyarakat kami yang bekerja,” tukasnya. (tar)