1 Dokter Positif Covid-19, 17 Orang Jalani Tes Swab

62

RAKYATCIREBON.ID-Seorang dokter yang bertugas di salah satu rumah sakit di Kabupaten Indramayu dinyatakan positif Covid-19. Dengan adanya kasus ini, sebanyak 17 orang terpaksa harus menjalani tracing dan tes swab.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu, dr Deden Bonni Koswara MM menjelaskan, kasus baru terkonfirmasi positif tersebut setelah pihaknya menerima hasil dari Labkesda Provinsi Jawa Barat pada 18 Mei 2020 sekitar jam 14.00 WIB. “Pasien tersebut adalah Tuan I usia 46 tahun dari Babakan Ciparay Bandung yang merupakan seorang dokter, dan pernah kontak dengan pasien yang terkonfirmasi positif sebelumnya,” jelasnya, Rabu (20/5).

Menurut Deden, untuk kasus ini ada 2 kemungkinan, yaitu imported case atau transmisi lokal. Terhadap kasus ini Gugus Tugas telah melakukan tracing dan melaksanakan swab kepada 17 orang yang pernah kontak erat dengan pasien tersebut. “Pasien diisolasi di Rumah Sakit Bhayangkara Losarang dengan kondisi baik,” jelasnya.

Disampaikan, dua pasien sebelumnya yang pernah terkonfirmasi positif sudah dinyatakan sembuh dengan hasil swab negatif sebanyak 2 kali. Yakni dua orang laki-laki yang merupakan perawat RSUD Indramayu, yakni SA dari Kecamatan Balongan dan TB dari Kecamatan Sukagumiwang. “Kedua pasien sudah dipulangkan, dan sudah sehat berdasarkan hasil swab dua kali negatif,” ungkapnya.

Sementara itu, perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Indramayu dengan adanya pasien seorang dokter, jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 bertambah menjadi 14 orang. Terdiri dari 2 meninggal, 3 sembuh, dan 9 masih dalam perawatan.

Untuk total orang dalam pemantauan (ODP) tercatat sebanyak 825, dan 150 orang diantaranya masih dipantau intensif. Berikutnya jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sudah mencapai 156 orang yang terdiri dari 53 meninggal, 59 sembuh, dan 44 masih dirawat. Sedangkan data pasien hasil swab sebanyak 146 dengan rincian 14 positif tes kesatu, 2 positif tes kedua, 107 negatif tes kesatu, dan 23 negatif tes kedua. (tar)

BAGIKAN