11 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19 Status OTG Isolasi di Hotel Langensari

11 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19 Status OTG Isolasi di Hotel Langensari

RAKYATCIREBON.ID-Pusat isolasi baru untuk pasien Covid-19 di Hotel Langensari Kota Cirebon sudah difungsikan. Ada belasan pasien terkonfirmasi positif virus Corona yang masuk kamar isolasi di hotel tersebut, Jumat (2/10). Mereka berstatus orang tanpa gejala (OTG).

“Sampai dengan saat ini (kemarin pukul 15.00 WIB, red) sudah 11 orang masuk ke sini. Ada limpahan dari ruang isolasi di gedung BKKBN, ada juga yang baru. Mau ada tambahan 3 orang lagi, masih proses persiapan,” ungkap salah satu petugas medis di Hotel Langensari dr Fadilah Farah.

Pasien positif Covid-19 yang diisolasi di Hotel Langensari berstatus OTG dan tidak memungkinkan untuk isolasi mandiri di rumahnya. “Sebelum masuk isolasi, tetap kita lakukan pemeriksaan lagi, walaupun sebelumnya sudah diperiksa misalnya di puskesmas. Maksudnya untuk mengetahui kondisi terbaru pasien,” jelas Farah.

Selama diisolasi, kata Farah, pasien positif Covid-19 juga dikontrol setiap hari. Di antaranya kadar oksigen dalam darah, tensi, pernapasan, hingga denyut nadi. “Barangkali ada keluhan atau apa dari pasien bisa lewat telepon ke petugas,” kata dia.

Setiap pasien akan mendapatkan vitamin, antibiotik, antivirus dan obat lain jika punya keluhan lain, seperti mual, pusing dan lainnya. Mereka juga diberi waktu untuk berjemur kalau pagi hari. “Sedangkan petugas di sini dalam satu shift terdiri dari satu dokter, dua perawat dan satu orang admin untuk bagian logistik. Dalam sehari dibagi tiga shift,” terang Farah.

Selain pasien positif Covid-19 dari kalangan masyarakat, ada juga beberapa nakes yang isolasi mandiri sambil menunggu tes swab, karena sebelumnya kontak erat dengan nakes di puskesmas yang positif Covid-19.“Secara keseluruhan dalam satu kamar ada yang dua orang, ada yang satu orang. Kalau misalkan suami dan istri atau relasi keluarga, bisa satu kamar berdua,” katanya.

Di sisi lain, Farah memastikan, keberadaan ruang isolasi di Hotel Langensari tidak mengancam warga sekitar. Hal itu disampaikan Farah, menyusul salah seorang warga yang rumahnya dekat Hotel Langensari datang untuk mempertanyakan keamanannya.“Warga tersebut ketakutan karena rumahnya dekat dengan Langensari. Wajar sih. Makanya datang untuk bertanya. Kita sudah beri penjelasan, bahwa kita di sini menerapkan standar protokol kesehatan. Jadi aman,” katanya.

Sementara itu, Satgas Covid-19 Kota Cirebon masih mencari tambahan kamar isolasi di hotel lain. Sejauh ini baru Hotel Langensari yang bersedia dikontrak selama 3 bulan dengan kapasitas 40 kamar. Kebutuhannya sebanyak 100-200 kamar untuk mengantisipasi lonjakan pasien positif Covid-19 tak terkendali. (jri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!