13.600 PNS Daftar Ulang

58
Proses Registrasi melalui Empat Level


MAJALENGKA – Saat ini dari total PNS yang melakukan Pendaftaran Ulang PNS (PUPNS) 2015 baru sebanyak 13.600 orang di wilayah Pemkab Majalengka. Ribuan PNS ini nantinya akan menerima tunjangan.

ilustrasi pns
Ilustrasi PNS. image by rakyatcirebon.co.id

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Majalengka, H Ahmad Sodikin melalui Kepala Bidang Informasi dan Pengadaan Pegawai, Aja Suteja meminta kepada para PNS agar mendaftar ulang terlebih dahulu secara lebih cermat.

“Para PNS harus melakukan Pendaftaran Ulang PNS (PUPNS) 2015 atau registrasi ulang tentang data kepegawaian secara elektronik. Registrasi ini wajib dilakukan semua PNS karena digariskan Undang-Undang No5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN),” ujarnya kepada Rakyat Cirebon, Minggu (11/10).

Menurut Aja, hingga saat ini yang telah melakukan pendaftaran ulang tercatat mencapai sebanyak 13.600 orang. Sementara mengenai proses registrasi itu sendiri terbagi menjadi empat level. Pertama level I berupa pemeriksaan berkas di OPD atau SKPD. Kemudian, level II pemeriksaan di BKD Kabupaten, Level III di BKD Provinsi dan level IV ke BKN pusat.

“Di Majalengka sudah masuk level II itu ada sekitar tujuh ribu PNS dan yang sudah dikirim ke level III sebanyak seribu. Level lainnya menyusul,” ungkapnya.
Aja menambahkan, registrasi ulang data PNS ini bertujuan untuk mengubah bentuk dan cara pendataan yang harus tercatat secara elektronik. Dan hal ini dilakukan secara serentak se-Indonesia.

“Registrasi ulang data PNS itu dinilai sangat penting untuk pendataan pegawai terkini. Pendataan itu, di antaranya jenjang pendidikan, riwayat pekerjaan, nomor SK pengangkatan PNS, jabatan dan kepangkatan serta data keluarga,” paparnya. Sementara  bagi PNS yang belum daftar ulang, kata dia, dampaknya yakni tidak akan terdata di dinas tempatnya bekerja, BKPP termasuk BKN pusat.

Sehingga pada saat mengurus pemberian tunjangan pensiun, prosesnya akan terganggu. “Makanya registasi ulang ini sangat penting. Bagi PNS yang belum, diharapkan segera mendaftar ulang data-data kepegawaiannya. Pengiriman data hasil verifikasi dari level 1 ke level 2 dan 3 pun, dikirim melalui email. Seandainya hasil registrasi ulangnya dinilai lengkap dan akurat, nanti akan keluar surat bukti hasil registrasinya dari BKN,” jelasnya.

Aja mengungkapkan, jika di kemudian hari ada penambahan data terbaru, para PNS hanya tinggal melengkapinya kembali  dan dikirimkan lagi melalui email. Pengisian data termasuk pengiriman melalui email bisa dimana saja.
“Bisa di rumah atau pun di kantor. Registrasi secara elektronik ini lebih praktis. Tidak seperti sebelumnya,” pungkasnya. (hrd)

BAGIKAN