18 PNS Langgar Disiplin Kerja, Satu Dipecat

6
Jika Tak Masuk Lebih dari 45 Hari Pegawai Bisa Diberhentikan

SUMBER– Sebanyak 18 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Cirebon melanggar disiplin kerja. Demikian diungkapkan Kepala Sub Bidang Pembinaan Pegawai pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cirebon, Sri Darmanto kepada, saat ditemui Rakcer di ruang kerjanya, belum lama ini.

pns cirebon
Ilustrasi PNS. Image by jawapos.com

Dari jumlah 18 itu, kata Sri, satu di antaranya diberhentikan. “Setelah dilakukan pemeriksaan, PNS yang bersangkutan telah melanggar disiplin kerja yang mengharuskan untuk dijatuhi hukuman pemberhentian,” kata Sri kepada Rakyat Cirebon. Dikatakan Sri, pihaknya tidak bisa secara langsung mengenakan sanksi pada PNS sebelum ada pemeriksaaan terlebih dahulu.

Pada bagian lain, Sri mengimbau agar pelanggaran disiplin kerja yang dilakukan oleh PNS bisa dikenakan sanksi oleh atasannya langsung sesuai dengan pelanggaan yang dilakukan.  “Jika terjadi pembiaran atau tidak melakukan pembinaan secara berjenjang, justru atasan juga dapat dikenakan sanksi yang sama dengan bawahannya,” kata Sri.

Pada saat terjadi pelanggaran disiplin kerja, lanjut Sri, seharusnya tidak langsung dilempar ke BKPPD tapi atasannya yang ada di lembaga. “Dalam aturan pimpinan dapat memberikan sanksi sesuai dengan pelanggarannya,” tutur Sri. Dikatakan Sri, jika terdapat pelanggaran disiplin kerja oleh PNS, langkah pertama yang harus dilakukan atasan yakni memanggil dan memeriksa orang yang bersangkuatan.

Kemudian, lanjut Sri, apabila nanti terbukti melanggar maka atasan dapat langsung memberikan sanksi pada yang berdangkutan. Akan tetapi, jika bukan kewenangannya, maka dibuat laporan kewenangan menjatuhi hukuman kepada atasannya secara berjenjang. “Kita sudah berikan pembinaan pada tiap OPD, agar masing-masing OPD memberikan pembinaan secara berjenjang. Sehingga apabila nanti ada bawahannya yang melanggar, atasan tidak bisa dikenai sanksi,” tandasnya.

Sri juga mengatakan, hukuman yang diberikan kepada PNS yang melanggar disiplin kerja sesuai dengan PP nomor 53 tahun 2010. Yakni, jika PNS melanggar disiplin kerja selam lima hari, akan ada teguran lisan.  Kemudian, sambungnya, tidak masuk enam sampai dengan 10 hari akan dilakukan teguran tertulis. 11 sampai dengan 15 hari akan dikenakan pernyataan tidak puas secara tertulis.
“Bisa sampai diberhentikan apabila PNS tidak masuk lebih dari 45 hari,” terangnya. (ari)

BAGIKAN