30 Persen Wajib Caleg Perempuan

30 Persen Wajib Caleg Perempuan

Menurut Emir, belum didaftarkannya nama-nama bacaleg oleh parpol, dimungkinkan lantaran para bacaleg masih melengkapi berkas persyaratan. Diantaranya, hasil pemeriksaan kesehatan dari rumah sakit pemerintah, hingga surat keterangan terdaftar sebagai pemilih dari KPU. “Mungkin mereka sedang memenuhi persyaratannya,” kata dia.

Emir menjelaskan, mekanisme pendaftaran bacaleg dilakukan oleh masing-masing parpol, melalui Sistem Informasi Calon (Silon). Setiap parpol menyiapkan operator untuk menginput data ke Silon. “Setiap partai diberi user id. Nanti data itu terkoneksi ke KPU langsung,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan wartawan koran ini, masih banyak bacaleg yang tengah melengkapi persyaratan pencalegan. Selain pemeriksaan kesehatan di RSD Gunung Jati, terlihat juga banyak bacaleg yang masih mengurus surat keterangan tidak pernah sebagai terpidana di Pengadilan Negeri Cirebon.

Salah satu bacaleg yang dijumpai di PN Cirebon yaitu Imam Yahya SFilI. Anggota Fraksi PDIP DPRD Kota Cirebon itu kembali mencalonkan diri menjadi wakil rakyat di dapil yang sama dengan sebelumnya, yakni Kesambi-Pekalipan. “Alhamdulillah saya sudah lengkap berkasnya,” kata Imam, seraya menunjukkan surat keterangan tidak pernah sebagai terpidana yang diterbitkan PN Cirebon. (jri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!