50 Rumah di Mundupesisir Butuh Bantuan Rutilahu, tapi…

118
SUDAH MENGAJUKAN. Kuwu Desa Mundupesisir, Maria, berharap pemerintah bisa menyetujui pengajuan bantuan rutilahu untuk desanya. Foto : Zezen Zaenudin Ali/Rakyat Cirebon

MUNDU – Pemerintah Desa Mundupesisir, Kecamata Mundu, Kabupaten Cirebon sedang mengupayakan untuk bisa menggelar program rumah tidak layak huni (Rutilahu).

Kuwu Desa Mundupesisir, Maria, mengatakan,   masih banyak warga yang membutuhkan bantuan program rutilahu. Jumlahnya cukup banyak, yakni lebih dari 50 rumah.

Kondisi tersebut, tentunya sangat memprihatinkan, mengingat kebanyakan rumah-rumah yang layak mendapatkan program rutilahu, berada di sekiar pesisir pantai. ”Ada 50 lebih rumah warga kami yang membutuhkan bantuan program rutilahu,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Hanya saja, dari jumlah total tersebut, kata Maria, tidak mungkin akan tersentuh ketika hanya mengandalkan dari program dana desa. Mengingat peruntukannya tidak hanya untuk memberikan program rutilahu.

“Jumlah tersebut, tidaklah mungkin akan cukup kalau hanya mengandalkan dari program DD. Karena untuk DD sendiri peruntukannya bukan hanya untuk rutilahu. Meskipun bisa, tapi kasihan program lainnya nanti tidak akan terserap,” tuturnya.

Makanya, Maria berharap pemerintah bisa membantu, untuk bersama-sama memenuhi pengajuan bantuan dari masyarakat. Mengingat kata dia, masyarakat di sekitar pesisir, amat rentan ketika rumah tinggalnya rusak.

“Kita sudah mengajukan permohonan. Bahkan setiap tahunnya selalu kita ajukan,” akunya.

Upaya itu, kata Maria, perlu ditempuh oleh pihak desa. Karena, sebagai pemimpin di tingkat desa, harus bisa pro aktif manakala memang ada program dari pemerintah seputar rutilahu. “Kan ada. Jadi untuk desa kita sebenarnya, setelah ada permohonan, tinggal  menunggu saja realisasi dari ajuan yang telah kita lakukan. Kita mengajukan kepada dinas sosial serta dinas-dinas terkait lainnya,” pungkasnya. (zen)

 

 

BAGIKAN