582 Calon Nakes Ikuti Uji Kompetensi

582 Calon Nakes Ikuti Uji Kompetensi

RAKYATCIREBON.ID – Sebanyak 582 calon tenaga kesehatan (nakes) mengikuti Uji Kompetensi Bidang Vokasi Kesehatan yang digelar Lembaga Pelaksana Uji Kompetensi Nasional (LPUK) di gedung M IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Ujian ini berguna bagi calon nakes untuk mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR) sebelum mereka bekerja sebagai nakes profesional.

Pengawas Pusat LPUK, Yayat Hidayat MKep SpKepJ menjelaskan uji kompetensi ini dibagi menjadi 6 sesi selama 3 hari, Sabtu – Senin (24-26/10). Menurut Yayat, satu sesi diikuti 100 peserta. Mereka merupakan calon nakes dari berbagai kota se Indonesia.

“Ada yang dari Solo, Surabaya, Tasik. Mereka itu alumni institusi pendidikan kesehatan sesuai bidangnya. Ada yang keperawatan, rekamedik, analis kesehatan, radiologi dan lainnya,” ungkap Yayat usai mengawas di hari pertama, Sabtu (24/10).

Materi ujian berkutat pada kompetensi peserta terhadap pola asuhan pasien, pemeriksaan pasien, pengkajian, perumusan jenis peralatan medis, merencanakan intervensi, melakukan implementasi, dan evaluasi.

“Setiap soal itu ada kasus medis. Sesuai dengan materi ujian. Nanti ada pertanyaan dan opsen yang dikaitkan dengan kegiatan yang harus dilakukan sesuai kompetensinya,” tambah Yayat.

Pengumunan hasil ujian bakal dipublikasi sebulan setelah pelaksanaan. “Hasil ujian belum pasti. Tapi diagendakan satu bulan setelah uji kompetensi,” tukas Yayat.

Sementara itu, Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pusat Data (PTIPD) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr Darwan ST mengatakan saat ini IAIN Cirebon dipercaya untuk pelaksanaan Tempat Ujian Kompetensi (TUK) kedua kalianya. Lantaran infrastruktur yang representatif.

“Saat ini IAIN Cirebon sedang menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) untuk uji kompetensi tenaga kesehatan. Alhamdulillah IAIN Cirebon kembali dipercaya,” kata Darwan.

Selain di IAIN Cirebon uji kompetensi ini juga digelar di gedung Fakultas Kedokteran UGJ sebagai TUK dengan jumlah peserta 107. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!