60 Kartini Milenial Rayakan Hari Kartini di Gunung Ciremai, Termasuk Kamu kah?

54
PENGARAHAN. Sebanyak 60 "Kartini Milenial" dan 50 orang panitia dari Amanah Center berkumpul di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan untuk bersiap mendaki gunung Ciremai.

Berbagai cara dilakukan dalam memperingati Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, salah satunya oleh Sebuah Yayasan Amanah Center, dengan menggelar agenda Pendakian Ciremai Kartini 2018.

PARA pendaki yang mayoritas perempuan ini, memulai pendakian Jum’at (20/4) kemarin. Sebanyak 60 “Kartini Milenial” dan 50 orang panitia dari Amanah Center yang akan melakukan pendakian, memenuhi lapangan parkir pendakian Ciremai, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan untuk bersiap mendaki.

Ketua Amanah Center, Arya Permana Graha mengatakan, kegiatan pendakian ke puncak gunung Ciremai ini dalam rangka memperingati Hari Kartini. Para peserta pendakian tidak lupa untuk menjaga lingkungan selama pendakian,  salah satunya memungut sampah.

“Bukan hanya mendaki, namun kami tanamkan kepada Kartini-kartini muda untuk menjaga lingkungan, karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaga lingkungan,” kata Kang Arya dalam arahannya.

Menurut Kang Arya, sebelumnya kita telah melakukan kegiatan dalam menyambut Hari Kartini, salah satunya dengan penanaman pohon, pada saat pendakian. Kali ini akan dilakukan aksi bersih-bersih Ciremai, pemasangan rambu-rambu pendakian serta Bakti Sosial di Musholla jalur pendakian.

“Bagi para pemula mungkin terasa berat untuk sampai di puncak Ciremai, namun dengan tekad yang kuat dan kebersamaan, medan yang terjal akan dengan mudah dilalui,” jelasnya.

Arya juga mengharapkan dengan semangat kegiatan yang digelarnya, bisa membuktikan ketangguhan para Kartini milenial. Wanita Indonesia, adalah wanita yang tangguh. Ini terbukti saat mereka bisa melakukan aktifitas yang tidak kalah dengan kaum pria, seperti mendaki gunung.

“Saya berharap dengan mendaki gunung Ciremai, para wanita diharapkan bisa meraih prestasi setinggi-tingginya, tidak ada lagi kesenjangan antara kaum adam dan hawa,” harapnya.

Selain itu, Amanah Center yang dipimpinnya juga memiliki program untuk mempromosikan potensi alam wiasta yang ada di Kabupaten kuningan. Pihaknya mengaku dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan berkat koordinasi yang baik antara Amanah Center dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

“Kebetulan yang menjabat menteri lingkungan hidup dan kehutanan juga kan seorang Kartini,” tandasnya.

Terpisah, salah seorang peserta pendakian, Dewi (19) mengaku baru pertama kali mendaki gunung Ciremai. Dirinya mengaku senang bisa ambil bagian dari Kartini milenial yang ikut mendaki Ciremai.

“Kita menyambut baik kegiatan ini, dengan ini kita bisa membuktikan bahwa perempuan-perempuan Jawa Barat bisa melakukan hal seperti mendaki gunung, apalagi ini gunung tertinggi di Jawa Barat. Yang biasanya laki-laki lakukan, kini perempuan pun bisa melakukannya,” tuturnya.(ale)