AFI Angkat Isu Moralitas Hadapi Covid-19 pada Seminar Internasional

AFI Angkat Isu Moralitas Hadapi Covid-19 pada Seminar Internasional

RAKYATCIREBON.ID – Jurusan Aqidah dan Filsafat Islam (AFI) IAIN Syekh Nurjati gelar Seminar Internasional bertajuk Morality in the New Normal of Covid-19 Pandemic pada Selasa (28/07).

Seminar yang dilaksanakan secara daring di kanal Zoom dan Youtube ini menghadirkan 3 pembicara yaitu Direktur Al-Mustafa, Iran Prof Dr Hossein Mutaqhi, Direktur STFI SADRA, Jakarta Dr Kholid Al Walid MA dan Dekan Fakultas Ushuluddin, UIN Syarif Hidayatullah Dr Yusuf Rahman MA. 

Acara ini digelar sebagai bentuk diskursus terhadap perubahan-perubahan yang terjadi akibat dari Pandemi Covid-19. Tak terkecuali, bagi civitas akademika di perguruan tinggi Islam dituntut mengambil peran yang dinamis sekaligus kritis dalam rangka memotret berbagai perubahan yang terjadi di tengah masyarakat.

Disajikan melalui empat bahasa pengantar yaitu Bahasa Arab, Inggris, Persia dan Indonesia, acara ini berhasil menjaring 420 partisipan yang berasal dari seluruh Indonesia. 

Berbagai bentuk kebiasaan baru semenjak pandemi ini terjadi mengharuskan setiap orang bersikap bijaksana dan bertanggung jawab untuk saling menjaga jarak, menghindari kerumunan, tidak boleh bersalaman, memakai masker, dan membatasi diri di ruang-ruang publik. Meskipun kenyataannya, masih banyak di antara mereka yang tidak menaati protokol kesehatan. 

Tak hanya itu, penting bagi setiap orang untuk diedukasi bagaimana cara menyikapi para korban covid-19, baik bagi korban selamat maupun yang meninggal dunia.

Mengingat tak jarang berbagai konflik justru muncul akibat sikap yang kurang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Meskipun masing-masing pihak memiliki referensi sikapnya masing-masing karena rasa takut terpapar virus Covid-19 ini. (May)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!