AHH Meningkat, AKB Turun

AHH Meningkat, AKB Turun

CIREBON – Kemajuan Kota Cirebon bukan hanya terlihat dari geliat perekonomian dan tingkat keramaian. Akan tetapi peningkatan kualitas hidup masyarakatnya juga sangat dirasakan. Terutama pada periode 2015 hingga 2017, dimana Drs Nashrudin Azis SH masih menjabat walikota Cirebon.

Setidaknya, ada dua indikator yang menguatkan kondisi kualitas hidup masyarakat semakin membaik. Yakni meningkatnya Angka Harapan Hidup (AHH) dan menurunnya Angka Kematian Bayi (AKB). Berdasarkan catatan Pemerintah Kota Cirebon, AHH masyarakat Kota Cirebon meningkat dari 71,75 pada tahun 2013, menjadi 71,89 pada tahun 2017.

Selain AHH meningkat, AKB sendiri mengalami penurunan secara sginifikan. Jumlah kematian bayi menurun dari 39/5416 pada tahun 2013, menjadi 17/5395 kelahiran hidup pada tahun 2017. Tren positif itu akan dilanjutkan oleh Azis jika terpilih kembali menjadi walikota, yang saat ini berdampingan dengan Calon Wakil Walikota, Dra Hj Eti Herawati.

“Alhamdulillah, angka harapan hidup bisa menunjukkan peningkatan, sementara angka kematian bayi terus menurun. Tren positif ini tentu harus dilanjutkan. Insya Allah saya dan Bu Eti komitmen untuk terus menerus meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kota Cirebon,” ungkap Azis.

Menurutnya, untuk dapat terus menekan AKB, berbagai upaya bisa dilakukan. Misalnya peningkatan sistem pelayanan kesehatan, khusus bagi ibu hamil. Termasuk menjamin ketersediaan makanan penuh gizi penunjang kesehatan ibu hamil.

“Upaya kita sebagai manusia harus maksimal, agar bagaimana bayi yang lahir bisa sehat dan bertumbuhkembang dengan baik. Maka asupan gizi dan pelayanan kesehatan bagi ibu hamil harus terjamin,” tuturnya. Begitu juga dengan AHH. Azis bersama Eti komitmen untuk terus meningkatkan.

Untuk diketahui, pasangan Drs Nashrudin Azis SH dan Dra Hj Eti Herawati (Pasti) merupakan calon walikota dan wakil walikota Cirebon nomor urut dua yang akan mengikuti Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Cirebon 27 Juni mendatang. Duet Pasti diusung Partai Demokrat, Partai Nasdem, PKB, PKPI dan Partai Hanura. Dalam perjalanannya, PKS dan Partai Berkarya juga menyatakan dukungannya. Azis sendiri sebelumnya menjabat walikota, baru habis masa jabatannya pada 16 April lalu. (jri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!