Alhamdulillah, Nanti Malam Tarawih Pertama

Alhamdulillah, Nanti Malam Tarawih Pertama

CIREBON Awal bulan suci Ramadan dipastikan Kamis besok. Pemerintah menetapkan besok sebagai 1 Ramadan setelah melalui sidang isbat yang digelar Kementerian Agama, kemarin. Sementara Muhammadiyah sudah jauh-jauh hari menentukan 1 Ramadan akan jatuh pada Kamis (17/5).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cirebon, Ahmad Sanukri mengatakan, sesuai dengan prediksi semula, akhirnya 1 Ramadan dipastikan jatuh pada Kamis besok, setelah Kemenag RI menggelar sidang isbat. Artinya, nanti malam  mulai salat Tarawih yang pertama. “Prediksi awal menurut hisab, bulan puasa jatuh pada hari Kamis. Jadi Rabu malam masyarakat melaksanakan salat tarawih dan witir,” kata Sanukri.

Dalam penentuan 1 Ramadan, kata Sanukri, Kemenag RI menggunakan rukyat atau metode perhitungan. Hal itu untuk memastikan bahwa awal bulan puasa dilihat secara tepat, baik itu menurut perhitungan ataupun wujudul hilal (melihat bulan). Di Cirebon, terdapat titik pemantauan hilal, yaitu di Gebang, Kabupaten Cirebon.

Dalam sidang isbat yang digelar Kemenag RI, hadir sejumlah lembaga terkait, diantaranya Lapan, Badan Antariksa, Ahli Falaq, ormas Islam, perwakilan negara lain, serta instansi terkait dalam menentukan posisi bulan puasa.

“Patokannya kita pengumuman dari pemerintah melalui sidang isbat dan mencocokan perhitungan rukyat dari ahli falaq,” ujarnya.

Pihaknya mengajak kepada umat islam untuk menyambut bulan suci Ramadan dengan penuh suka cita dan kegembiraan. “Bulan yang penuh barakah, rahmat dan ampunan. Jalankan apa yang diyakini menurut amaliyah ibadah. Jangan sampai mengganggu ibadah orang lain yang berbeda,” katanya. (jri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!