Alumni AKABRI 89 Salurkan 1000 Paket Bantuan di Cirebon

Alumni AKABRI 89 Salurkan 1000 Paket Bantuan di Cirebon

RAKYATCIREBON.ID – Para alumni Taruna Akabri tahun 1989 memberikan perhatian terhadap masyarakat terdampak ekonomi dan sosial dari Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).


Para alumnus Taruna yang terdiri dari empat angkatan tersebut menyebar bantuan paket sembako di seluruh penjuru nusantara, untuk di Kota Cirebon, penyerahan pun dilakukan di Mako Pangkalan TNI-AL Cirebon, Senin (31/0).


Komandan Pangkalan TNI-AL Cirebon, Letkol Laut (P) Afif Yuhadi Putra mengungkapkan bahwa alumnus Akabri ’89 terdiri dari empat angkatan, yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara serta Kepolisian.


Dimulai sejak beberapa bulan lalu, mereka menyalurkan hingga seratus ribu paket sembako untuk masyarakat, mulai dari Sabang sampai Merauke.


“Aksi baksos ini kita lakukan ke seluruh penjuru Indonesia, mulai dari Sabang, kemarin kita mengirim ke Kupang hingga Sorong dengan menggunakan sarana yang kita miliki, sampai saat ini sudah 100 ribu lebih bantuan kita distribusikan,” ungkap Afif.


Sebelum penyaluran di Cirebon kemarin, lanjut Afif, pendistribusian bantuan sudah dilakukan di empat kota lain, diantaranya di Banten, Tanjung Pasir, Cilacap serta di Mako Lanal Tegal.


“Apa yang kami berikan ini mungkin kecil, tapi saya berharap ini bisa membantu, minimal bermanfaat bagi penerima yang terdampak Covid-19, kita di Cirebon dapat bantuan 1000 paket,” harap Perwira yang 20 tahun lalu juga pernah bertugas di Cirebon.


Direktur Sosial dan Media Lemhanas RI, Laksamana Pertama Rahmad Wahyudi turun langsung untuk menyerahkan bantuan paket sembako di Cirebon kemarin.
Ia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian alumni Taruna Akabri ’89, dimana ia masuk didalamnya.


“Kami tergugah untuk membantu masyarakat yang terdampak, ini kita lakukan di seluruh Indonesia, 120 ribu paket sembako kita siapkan,” ungkap Rahmad.


Sasarannya sendiri, kata Rahmad, bantuan akan dikhususkan bagi masyarakat terdampak yang ada di wilayah pesisir, dimana dominasi dari mereka berprofesi sebagai nelayan.


Tak hanya bantuan sembako, alumnus Taruna Akabri ’89 juga menggulirkan bantuan dalam program lain, dijelaskan Rahmad, di wilayah pesisir Tangerang, beberapa waktu lalu pihaknya memberikan bantuan untuk mendorong ketahanan pangan masyarakat.


Disana para alumnus Akabri ’89 menyediakan kolam ikan lele, dan para nelayan diberikan bibitnya untuk ditebar, itu dilakukan supaya para nelayan mendapatkan pemasukan tambahan, karena dengan pandemi ini, pemasukan mereka dari hasil penangkapan ikan juga pasti berkurang.


“Kita khususkan untuk pembinaan pesisir, seperti nelayan dan mereka yang kurang mampu, ini sudah berjalan tiga bulan, yang lainnya, kita ada bhakti kesehatan,” jelas Rahmad.


Sementara itu, Wakil Walikota Cirebon, Hja Eti Herawati menyampaikan terima kasih atas perhatian yang diberikan para alumnus Taruna Akabri ’89 kepada masyarakatnya.


“Atas nama masyarakat Kota Cirebon saya ucapkan terima kasih, semoga ini bisa diterima dan bermanfaat. Mari ikuti anjuran pemerintah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan agar pandemi ini cepat berakhir,” tambah Eti. (sep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!