Anggota Dewan Akan “Cium Tangan Bupati”

Anggota Dewan Akan “Cium Tangan Bupati”

RAKYATCIREBON.ID-Anggota DPRD Propinsi Jawa Barat, H Nasir SAg mendorong Pemerintah Kabupaten Majalengka agar memberikan fasilitas rapid test gratis terhadap santriwan dan santriwati yang ada di kabupaten itu.

“Saya sangat bangga dan mengapresiasi jika Pemda Majalengka dan lainnya dapat memfasilitasi anak-anak santri yang sedang tholabul ilmi untuk dilaksanakan rapid test dg biaya ditanggung APBD,” ujarnya, Senin (8/6).

Sebagaimana diketahui, jika nantinya para santri yang nonreaktif setelah mengikuti rapid test akan diberikan surat keterangan oleh gugus tugas dan bisa kembali ke pondok pesantren mereka. Namun, jika ada santri yang reaktif, maka akan dilaksanakan pemeriksaan lanjutan berupa swab.

“Makanya kami mendorong Pemkab Majalengka mengadakan rapid test gratis. Karena ini bisa meringankan beban orang tua para santri yang ingin memulangkan anaknya ke pesantren. Seperti yang kita ketahui adanya Covid-19 ini, hampir semuanya masyarakat Majalengka merasakan dampaknya,” ungkapnya.

Menurutnya, ada sekitar ribuan santriwan dan santriwati yang ingin kembali ke pondok pesantren mereka masing-masing.

“Sehingga hari ini dengan adanya Covid-19 mereka semua terdampak. Saya inginnya itu, Pemerintah kabupaten Majalengka mengadakan rapid test gratis. Agar bisa meringankan,” harapnya.

Menurut politikus PKB ini menambahkan, perlu diketahui oleh Bapak Bupati, bahwa sebagian besar pondok pesantren mengharuskan santrinya yang akan kembali ke pondok untuk membawa surat keterangan sehat covid-19.

“Bagi sebagian besar orang tua biaya mendaptkan suket tersebut sangat memberatkan,” tandasnya.

Dijelaskan Nasir, pondok pesantren memiliki kharakteristik sosial yang khas. Satu kamar dengan ukuran 3×4 dapat diisi oleh 15-20 santri. Mereka mustahil melakukan pshycal distancing selama 24 jam. Satu orang santri tertular maka ribuan santri di pondok tsb akan tertular.

“Jika bupati memenuhi rapid tes gratis untuk para santri, Insya Allah saat ketmu beliau saya akan cium tangan beliau sebagai tanda hormat dan terimaksh saya,” ujarnya.(hsn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!