Anggota PPL Jangan Takut Awasi Pemilu

144
BERTANYA
BERTANYA. Salah seorang anggota panitia pengawas lapangan dan pengawas pemilihan desa sedang melayangkan pertanyaan kepada perwakilan Panwalu kecamatan kecamatan Jatitujuh saat Bimtek di aula kecamatan setempat, Sabtu (21/4).

JATITUJUH – Panwaslu kecamatan Jatitujuh menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi anggota panitia pengawas lapangan dan pengawas pemilihan desa (PPL/PKD) se-Kecamatan Jatitujuh di aula Kecamatan, Sabtu (21/4).

Ketua Panwaslu kabupaten Majalengka, H Agus Asri Sabana mengatakan, kegiatan bimtek sangat penting dilakukan oleh panwaslu guna penguatan kepada Panwaslu di tingkat desa dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengawas pemilu nanti.

“Bimtek ini merupakan sebuah kebutuhan, dalam rangka penguatan instrumen lembaga pengawasan pemilu di tingkat desa,” katanya.

Dia menjelaskan, dengan kegiatan Bimtek diharapkan sebagai referensi untuk penguatan kapasitas demi melakukan pengawasan dalam rangka menghadapi pemilihan umum 2019 nanti.

“Kegiatan bimtek ini sebagai referensi bagi PPL/PPD dalam menghadapi pemilu nanti,” jelas Agus.

Dirinya berharap, anggota PPL/PPD yang tersebar di setiap desa se Kecamatan Jatitujuh agar melaksanakan tugas pengawasan di tingkat bahwa sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Sementara itu, Ketua Panwas kecamatan Jatitujuh, Isa Ansori SPdI menuturkan, dibutuhkan keberanian dari masing-masing Panwas disetiap desa untuk mengambil tindakan sesuai kewenangan yang dimiliki.

Tugas tersebut, kata dia, sudah menjadi konsekuensi sebuah tugas yang disandang. Apalagi, kewenangan Panwaslu makin diperkuat dengan lahirnya Undang-Undang nomor 7 Tahun 2017.

“Setiap Panwaslu diseluruh desa yang ada di Kecamatan Jatitujuh ini harus berani dan kreatif sebagai pengawas. Sebab saya kira hal ini dikarenakan oleh kewenangan bagi pengawas pemilu sudah semakin tinggi dengan terbitnya Undang-Undang nomor 7 tahun 2017,”ujrnya.

Oleh sebab itu, harus bisa mengambil langkah yang berani sesuai kewenangan yang diberikan, kompak dan solid sesama Panwaslu. Khususnya bagi Panwas di wilayah kecamatan Jatitujuh.

“Selama Bimtek tersebut ada tiga materi yang diberikan terkait pengawasan menjelang proses dan tahapan pemilu legislatif dan presiden tahun 2019,” imbuhnya.(hsn/opl)