APBD 2020 Kabupaten Cirebon Tembus Rp4 Triliun, DPRD Dorong Buka Lapangan Kerja Baru

48
Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Muhammad Luthfi/RMOLJabar

RAKYATCIREBON.ID-Pemerintah Kabupaten Cirebon didorong bisa menurunkan angka pengangguran yang cukup tinggi. Pasalnya, APBD 2020 Kabupaten Cirebon pada 2020 tembus Rp4 triliun.

Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Muhammad Luthfi mengatakan, apa yang disampaikannya dalam rapat paripurna tentang pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Cirebon tak lain agar eksekutif menyusun program dan kegiatannya menciptakan lapangan kerja baru.

“Apa yang disusun dalam program dan kegiatannya dari 4 triliun yang diterima bisa mengurangi angka pengangguran,” kata Luthfi, Jumat (14/2).

Luthfi juga berharap, pihak eksekutif membuat kebijakan tentang kawasan industri. Disamping dengan mendukung secara infrastruktur juga payung hukumnya.

“Kami mendukung dua kawasan industri baru di wilayah Cirebon timur yang harus didukung fasilitasnya, baik infrastruktur dan payung hukumnya,” ujar Ketua DPC PKB Kabupaten Cirebon tersebut.

Selain itu, Luthfi berkeyakinan jika para investor masuk ketika pabrik pabrik (Industri) itu terbangun, maka akan ada kesempatan kerja bagi masyarakat di Kabupaten Cirebon.

Pemerintah, imbuhnya, perlu menciptakan para entrepreneur baru melalui pelatihan. Kemudian meningkatkan produktivitas dari usahawan baru, maka dengan sendirinya akan membuka kesempatan kerja.

“Harus ada pelatihan pada skill yang baik, punya kompetensi yang baik, daya saing yang baik dan mudah-mudahan kita bisa memastikan APBD yang empat triliun elastis terhadap penciptaan kesempatan kerja,” tandasnya. (rmol)