Balon Tidak Lolos Tetap Legowo

55
CIREBON – Setelah melalui tes akademik, hanya lima balon kuwu yang akan tetap lolos pada tahapan pemilihan kuwu (Pilwu) berikutnya, namun bagi yang tidak lolos sudah semestinya tetap menerima dengan legowo.

seleksi calon kuwu cirebon
Seleksi calon kuwu. doc.Rakyat Cirebon

Hal tersebut disampaikan oleh salah satu bakal calon (balon) Desa Pegagan Kecamatan Palimanan, Syachroni. Ia mengaku apapun hasil dari tes akademik beberapa waktu yang lalu, dirinya akan tetap menerima sekalipun harus tidak lolos ketahapan pilwu selanjutnya.

“Saya sudah berusaha sebaik mungkin dan kalaupun saya tidak lolos maka saya akan tetap ikhlas dan legowo,” terang Syachroni, kepada Rakyat Cirebon, kemarin (5/10). Dikatakan Sachroni, dirinya sudah berusaha menjawab semua pertanyaan dari seratus soal pada tes tertulis kemarin (3/10) . dari tes tersebut, materi soal yang diujikan adalah seputar ilmu tata negara, wawasan kebangsaan serta teori kepemimpinan.

Menurut Sachroni, dirinya tidak menemukan kesulitan yang berarti dalam menjawab seluruh soal yang disajikan panitia seleksi. Namun, ia akan tetap menerima apapun hasil tes akademik tersebut. “Bagi saya dalam menjawab soal kemarin sebetulnya tidak ada kendala, dan saya tetap optimis bisa lolos dalam tes akademik tersebut, tapi saya tetap menerima hasil apapun,” katanya.

Sementara itu, dijelaskan Kasi Pemerintahan Kecamatan Palimanan, Permana Iswara bahwa, saat ini hasil tes akademik sudah ada ditangan masing-masing panitia, dan panitia mempunyai kewenangan penuh untuk membuka dan mengumumkan hasilnya.

“Hasil tesnya sudah ada dipanitia tinggal bagaimana pengumumanya menurut panitia, karena yang mempunyai kewenangan adalah panitia dan besok (hari ini-red) adalah penetapan balon menjadi calon,” terangnya.

Masih menurut Permana, bahwa dalam ada bakal calon yang akan gugur atau tidak lolos, maka diharapkan bagi balon yang ditak lolos untuk tetap menerima hasil tersebut, pasalnya ketentuan tersebut bukan dari panitia tetapi dari kemampuan masing-masing balon dalam menjawab soal-soal dalam tes akademik yang digelar kemarin.

“Walaupun yang menetapkan balon menjadi calon adalah panitia, namun hal tersebutkan merujuk dari hasil tes akademik yang dilakukan tim independen, jadi panitia hanya mengumumkan dan menetapkan saja,” katanya. (caz/mgg)

BAGIKAN