Banjir Jabodetabek, Kasus Jiwasraya, hingga Kapal China Masuk Laut Natuna: Kiai Ma`ruf Ke Mana?

45
Wapres Ma`ruf Amin (Foto: Twitter Wapres)

RAKYATCIREBON.ID-Sepekan terakhir, banyak isu besar terjadi di negeri ini. Mulai dari banjir di Jabodetabek, kasus Jiwasraya, sampai kapal China yang masuk Laut Natuna.

Banyak tokoh muncul dan mengontari isu ini. Namun, hal itu tidak dilakukan Wapres KH Ma’ruf amin. Warganet pun bertanya-tanya, Kiai Ma’ruf ke mana ya? Pertanyaan-pertanyaan warganet hampir setiap hari berseliweran di lini masa.

Kemarin, pertanyaan itu juga muncul. Misalnya, akun @freirerians. “Ada beberapa pertanyaan yang seliweran di newsfeed, mempertanyakan Pak Ma’ruf Amin kemana,” kicau akun ini.

Akun @alfiinorahmat menanyakan hal sama. “eh serius. Pak Ma’ruf Amin jarang banget keliatan di tipi maupun berita. Kemana doi yaa?” timpalnya.

Pemilik akun @RWahyuDjati1 ikut penasaran. Dia bahkan bertanya langsung ke Presiden Jokowi. “Pak @jokowi, kemana Mbah Ma’ruf Amin, kok negara banyak bencana, Natuna Siaga 1. Eh Wapres diem-diem bae,” cuitnya.

“Ada yg tau pak wapres kemana ea. @abiabdullah @AkunTofa @jokowi @rockygerung @andre_ rosiade @fadlizon @Fahrihamzah,” timpal @Nurhanudyn.

Akun @keanusenja ikut nimbrung. “Di tv, di medsos & di mana-mana ribut soal banjir. Mau tanya kalau pak Wapres kemana yaa?” tulisnya.

Banyak juga yang khawatir dengan kondisi Pak Kiai. Seperti akun @Stevaniehuangg. “Pak Wapres Kemana ya? Banjir di Jakarta apa beliau baik-baik saja kondisinya. Maklum beliau kan sudah sepuh,” tulisnya.

Akun @emgalib menjawab dengan doa. “Kok ga ada sedikit pun beritanya. Semoga beliau tetap sehat,” tulisnya. “Semoga beliau selalu dalam keadaan sehat,” sahut @Kang_Nurs.

Menanggapi ini, Jubir Wapres, KH Masduki Baidlowi, angkat bicara. Dia memastikan, Kiai Ma’ruf tetap melakukan aktivitas di Istana Wapres pada hari kerja. Kiai Ma’ruf juga melakukan sejumlah kunjungan serta menghadiri berbagai acara.

“Hari ini (kemarin) kan libur. Hari kerja tetap beraktivitas seperti biasa,” ujar Wasekjen PBNU ini kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.

Ditanya bagaimana kondisi kesehatan Kiai Ma’ruf, pria yang akrab disapa Cak Duki ini menyatakan, mantan Rais Aam PBNU ini sangat sehat. “Sehat banget, Mas,” tutur Ketua Bidang Infokom Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini.

Sebenarnya, jika ditelusuri, Kiai Ma’ruf sempat juga mengomentari soal banjir yang melanda Jabodetabek dan sejumlah daerah lainnya.

Namun komentarnya itu disampaikan lewat Cak Duki, Kamis (2/1), Kiai Ma’ruf meminta masyarakat gotong royong membantu korban banjir di Jabodetabek tanpa membedakan latar belakang. Kiai Ma’ruf juga mengimbau rumah ibadah dijadikan posko sementara korban banjir.

Di tanggal yang sama, lewat akun twitter resminya, @Kiyai_MarufAmin, Kiai Ma’ruf menyampaikan hal serupa lewat video singkat berdurasi 1 menit lebih.

Pada Jumat (3/1), Kiai Ma’ruf bahkan menyampaikan komentarnya secara langsung. “Saya menyampaikan rasa prihatin, duka cita, atas banyaknya yang meninggal korban banjir. Mohon juga kepada keluarga dan masyarakat yang terkena musibah banjir bersabar, dan juga memperhatikan petunjuk yang diberikan oleh para petugas kita di lapangan dalam menangani banjir,” ujar Kiai Ma’ruf, di Istana Wapres, Jakarta.

Pada kesempatan itu, Kiai Ma’ruf juga turut mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) sekaligus Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas. Saat sakit, Kiai Ma’ruf juga sempat menjenguk Yunahar di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. (rmco)

BAGIKAN