Bantu Petani, Rentang Irigasi Harus Diperbesar

89
Panen Raya
PANEN RAYA. Plt Bupati Cirebon Selly A Gantina menunjukkan hasil padi dari lahan pertanian yang selama ini mengalami gagal panen.

SUMBER – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon akan meminta Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWSCC) untuk memperbesar rentang irigasi Waduk Jatigede yang masuk ke wilayah Kabupaten Cirebon. Pasalnya, saat ini aliran air dari waduk tersebut tidak sampai ke wilayah barat karena minimnya rentang irigasi tersebut.

Dikatakan Plt Bupati Cirebon, Selly Andriany Gantina kepada sejumlah wartawan, Senin (23/4) usai panen Raya di Desa Suranenggala Kidul, Kecamatan Suranenggala, pihaknya melihat dibandingkan wilayah lain, rentang irigasi yang menuju Kabupaten Cirebon sangat kecil. Oleh karena itu, banyak lahan pertanian di wilayah barat tidak kebagian air dari waduk Jatigede.

“Dibandingkan Indramayu, pintu masuk ke wilayah Kabupaten Cirebon sangat kecil sehingga banyak petani yang mengeluhkan tidak kebagian air. Ini merupakan tugas saya sebagai Plt Bupati untuk berbicara dengan pemprov dan BBWS,” tegas Selly.

Disamping itu, Selly juga melihat banyak oknum yang mencoba mengambil keuntungan aliran air dari waduk dengan membuka pintu masuk illegal dan bahkan menyedotnya menggunakan pompa. Padahal, Selly melihat jika hal itu tidak dilakukan, maka debit air untuk pertanian bisa mencakup seluruh wilayah Kabupaten Cirebon.