Bawaslu Dituding Pakai Kacamata Kuda

Bawaslu Dituding Pakai Kacamata Kuda

Warga lainnya, Kusnudin memberikan masukan berbeda. Dia melihat masih banyak APK ilegal di luar ketentuan KPU. Walau sebelumnya Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) telah melakukan penertiban, masih terdapat APK ilegal yang belum dilepas.

Menurut Kusnudin, pemasangan APK yang dilakukan KPU tidak sekedar untuk menggugurkan tanggung jawab. Tetapi harus benar-benar dilakukan untuk menyosialisasikan seluruh paslon.

“Lebih bagusnya pengenalan para calon itu dibuat lebih besar. Supaya orang tahu semua paslon di pilgub dan pilbup ini. Artinya, KPU itu jangan menunaikan kewajiban saja. Tetapi harus dievaluasi efeknya apa di masyarakat. Jangan sampai hanya pemborosan anggaran. Karena yang kami takutkan KPU memasang APK di titik-titik itu hanya menyelesaikan kewajiban saja, tetapi tidak menyentuh sasaran,” ucapnya.

Ia berharap, dengan memasang APK yang lebih besar, seluruh paslon dapat diperkenalkan. Sehingga manfaatnya dapat mengurangi angka golput. “Itu tugas terbesar KPU. Lakukan evaluasi seberapa besar tingkat efektivitas dan pengaruh APK terhadap pengenalan paslon di masyarakat,” katanya.

Ia meminta kepada timses paslon bupati, wakil bupati, gubernur dan wakil gubernur, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dengan tidak memasang APK menyalahi aturan yang telah ditentukan. “Kami sebagai masyarakat yakin timses tahu aturan. Jadi, seharusnya malu kalau masih memasang APK di pohon,” tandasnya.(hsn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!