Bawaslu: Kampanye Daring dan Medsos pada Pilkada Serentak Rendah

Bawaslu: Kampanye Daring dan Medsos pada Pilkada Serentak Rendah

RAKYATCIREBON.ID-Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Mochammad Afifuddin mengemukakan, kampanye menggunakan media dalam jaringan (Daring) dan media sosial (Medsos) pada Pilkada Serentak 2020 ini masih rendah. Hal itu terbukti dari masih tingginya pelaksanaan kampanye konvensional yang dilakukan selama lima hari tahapan kampanye.

“Kecenderungan kampanye masih konvensional. Materi kampanye juga masih sama saja dengan yang terjadi selama ini,” kata Afif dalam acara sosialisasi kampanye melalui media sosial dan media daring yang digelar secara virtual di Jakarta, Jumat (2/10/2020).

Afif menjelaskan, hasil pengamatan Bawaslu selama hampir satu minggu pelaksanaan kampanye, terdapat 41 kegiatan kampanye daring (online), Sementara, kampanye dalam medsos sebanyak 64 kegiatan (11 persen). Adapun kampanye tatap muka atau pertemuan terbatas sebanyak 250 kegiatan (43 persen).

“Hasil pengamatan kami sejauh ini, ada 582 kegiatan kampanye di 187 Kabupaten/Kota. Pilihan terbesar masih pertemuan terbatas/tatap muka,” jelasnya

Menurut Afif, Bawaslu hanya mendukung KPU dalam pelaksanaan kampanye daring dan medsos. Kewenangan Bawaslu adalah melakukan pengawasan terhadap berbagai kegiatan kampanye agar tidak melanggar aturan.

Afif menegaskan, Bawaslu sudah melakukan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan KPU, Kemkominfo, Dewan Pers dalam pengawasan terhadap berbagai kampanye di media, baik media konvensional, daring maupun medsos.

Selain itu, kata Afifi, Bawaslu juga telah membentuk gugus tugas pengawasan dan pemantauan pemberitaan, penyiaran, dan iklan kampanye Pilkada 2020 melalui media massa dan lembaga penyiaran resmi terbentuk.

“Peran serta dan partisipasi media dalam pengawasan dan pemantauan pemberitaan, penyiaran, dan iklan kampanye sangat membantu kerja-kerja pengawasan dan penegakan hukum pemilihan,” tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!