Belajar dari Covid-19, Kedaulatan Pangan Harus Diperkuat

36

RAKYATCIREBON.ID-Eskalasi pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) di Indonesia terus menunjukkan peningkatan. Hari ini saja, lonjakan kasus konfirmasi positif Covid-19 hampir mendekati 1.000 kasus, terbanyak selama pandemi terjadi sejak awal Maret.

Salah satu implikasi dari wabah yang belum juga mereda ialah ketersediaan pangan. Ancaman krisis pangan tampaknya bukan perkara yang bisa diabaikan. Karena negara-negara yang selama ini menjadi importir komoditas pangan tertentu bagi Indonesia, mulai menurunkan jumlah impornya.

“Oleh karena itu, kami mendorong, semangat petani tetap terjaga untuk memproduksi pangan kita. Karena banyak negara yanh mengurangi, bahkan menutup kran impor bahan pangan,” ungkap Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Ir HE Herman Khaeron MSi, usai menyerahkan bantuan sembako di Keraton Kanoman, Kamis (21/5).

Dengan situasi seperti ini, politis yang akrab disapa Hero itu menilai, perlu kesadaran bersama semua pihak di dalam negeri mengenai pentingnya memperkuat ketahanan pangan.

“Harus menjadi kesadaran besarama untuk menjaga kedaulatan pangan secara mandiri, yang berbasis pada kemampuan kita sendiri. Sehingga kebutuhan pangan dalam negeri bisa tercukupi, baik saat ini maupun untuk jangka panjang,” tuturnya.

Wakil rakyat dari Dapil VIII Cirebon-Indramayu itu menambahkan, arahan pemerintah untuk keterlibatan BUMN dalam memperkuat kedaulatan pangan dalam negeri sangat tepat. Ia juga mendorong hal yang sama, yaitu peningkatan peran BUMN dalam membantu terwujudnya kedaulatan pangan.

“Karena kalaupun impor, harga pangan akan dipengaruhi nilai tukar dollar. Belum lagi stok yang terbatas. Akhirnya harga di dalam negeri akan naik. Makanya kita harus swasembada pangan, berdaulat dan mandiri,” kata anggota Komisi VI DPR RI itu.

Di sisi lain, Hero juga telah menggelontorkan bantuan berupa belasan ribu paket sembako untuk masyarakat di Cirebon dan Indramayu. Bersamaan dengan itu, bantuan untuk rumah sakit rujukan Covid-19 di wilayah yang sama juga dilakukan.

Sementara itu, juru bicara Keraton Kanoman, Ratu Raja Arimbi Nurtina MHum mengapresiasi kepedulian Hero kepada masyarakat. Menurutnya, di tengah masa pandemi ini, gotongroyong sesama anak bangsa sangat dibutuhkan.

“Kita harus meningkatkan semangat gotongroyong untuk saling membantu di tengah situasi seperti ini. Sambil kita juga berdoa semoga wabah Covid-19 ini segera berlalu,” katanya. (jri)

BAGIKAN