Belum Ditetapkan Calon, Panitia Sudah Minta Swadaya?

6
Balon Merasa Tak Keberatan Karena Ada Kesepakatan Pengembalian

GEGESIK – Belum juga penetapan balon menjadi calon kuwu, panitia sudah menentukan seluruhnya mengeluarkan anggaran swadaya.Hal tersebut terjadi pada Desa Bojong Kulon, Kecamatan Susukan.

panitia pemilihan kuwu
Panitia Pemilihan Kuwu. Foto : Casmudi/Rakyat Cirebon

Balon Kuwu Desa Bojong Kulon Leo membenarkan telah menyerahkan anggaran sebelum ada penetapan sebagai calon, karena sudah ada kesepakatan panitia akan mengembalikan jika tidak lolos tahap selanjutnya. ”Sesuai kesepakatan kami akan memberikan swadaya untuk membiayai kekurangan pilwu,” ujarnya kepada Rakyat Cirebon, belum lama ini.

Menurut Leo, hal itu dilakukan semata-mata untuk kelancaran pelaksanaan tahapan pilwu. Karena dirinya dan balon yang lainnya sangat menyadari bantuan anggaran dari pemerintah daerah tidak mencukupi seluruh biaya pelaksanaan pilwu.

Oleh sebabnya, dalam musyawarah yang dihadiri seluruh balon kuwu beberapa waktu lalu, seluruhnya sepakat untuk memberikan swadaya. ”Kami sadar betul kalau anggaran dari pemda sangat kuurang olehkarena itu kami (balon kuwu) sudah sepakat dan secara ikhlas memberikan swadaya,” terangnya.

Sementara itu ketua panitia pilwu desa Bojong Kulon, Bajuri menyatakan dengan melalui kesepakatan, seluruh balon kuwu mau memberikan swadaya. Walaupun memang belum ada penetapan balon kuwu menjadi calon kuwu. Namun menurut Bajuri, swadaya tersebut akan dikembalikan secara utuh bila memang ada salah satu balon kuwu yang tidak lolos dalam test akademisi ataupun tidak lolos dalam verifikasi.

Dijelaskan Bajuri, seperti yang sudah diatur dalam surat edaran bupati nomor 141/2189/BPMPD, tertanggal 25 Agustus 2015, balon kuwu memang boleh memberikan swadaya namun harus terlebih dahulu melalui pemerintah desa dan dimasukan dalam APBDesa.

Ditambahkan, setelah swadaya tersebut dimasukan kedalam APBDesa, selanjutnya panitia pilwu mengajukan RAB (rencana anggaran belanja) pilwu kepada pemerintah desa. Dalam arti bahwa dalam memberikan swadaya, balon kuwu dilarang bersinggungan langsung dengan panitia.(caz/mgg)

BAGIKAN