Bendungan Rentang Jatitujuh Sudah Siap Jadi Arena Asean Games

188
DICEK DPR. Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Bendungan Rentang, Jatitujuh, Majalengka, untuk melihat bendungan tersebut digunakan untuk venue Kano pada Asean Games 2018.

MAJALENGKA – Indonesia patut berbangga karena menjadi tuan rumah dalam perhelatan olahraga terbesar di Asia Tenggara, yaitu Asean Games. Salah satu venue perlombaan cabang olahraga Kano terletak di Bendungan Rentang, Kecamatan Jatijujuh, Majalengka.

Komisi V DPR RI pada hari Kamis (26/4) melakukan kunjungan kerja ke tempat tersebut untuk memastikan kesiapan Bendungan. “Alhamdulillah, sudah sampai 70% dan insya Allah siap digunakan untuk Asean Games,” ujar anggota Komisi V DPR RI dapil Sumedang, Majalengka, Subang, Nurhasan Zaidi.

Selain Komisi V, kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung, Kepala Dinas Pengairan Provinsi Jawa Barat, Dirjen Cipta Karya, dan Dirjen SDA juga turut serta membersamai.

Menurut Nurhasan, venue ini menjadi terobosan dan kebanggaan bagi warga Majalengka. “Kami berharap lebih dari sekadar Asean Games, agar bendungan ini dapat dipatenkan sebagai pusat latihan olahraga dayung para atlet Indonesia, dari Majalengka untuk Indonesia,” ujarnya.

Bendungan ini juga perlu perhatian intens dan jangka panjang walaupun event sudah selesai. “Oleh sebab itu kami anggarkan Rp5 triliun,¬† karena ia juga bisa mengatasi 14.000 hektar lahan sawah yang kebanjiran sehingga mampu menyelamatkan stok pangan nasional dan suplai air baku masyarakat Cirebon, Banyuwangi, Majalengka, Kuningan (Ciayumajakuning),” tambah Nurhasan.

Perhelatan Asean Games  dijadwalkan dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September tahun ini. Komisi V DPR RI menyarankan kepada Dirjen Cipta Karya, agar Bendungan Rentang dapat juga dijadikan objek wisata.

“Untuk Asean Games saya rasa sudah sangat baik, namun akan lebih baik jika ia mampu menjadi objek wisata sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat Ciayumajakunging, khususnya Majalengka,” pungkas Nurhasan.(hsn)