Berkreasi dari Barang Bekas, Cara HIMBIO Tanamkan Cinta Sains pada Siswa SMA

21
KREASI. Siswa peserta Festival of Excellences sedang asyik olah barang bekas jadi beragam produk bernilai guna.
RAKYATCIREBON.CO.ID – Jangan remehkan barang bekas. Di tangan kreatif, barang-barang bekas bisa disulap jadi bermacam produk bernilai guna. 
Berang bekas kerap jadi masalah. Apalagi jika jumlahnya terlampau banyak. Sudah tak digunakan lagi. Namun memakan tempat jika terlalu lama disimpan.

Nah, salah satu cara agar barang bekas kembali bisa dimanfaatkan adalah dengan mengolahnya jadi barang baru. Inisiatif itu digagas oleh sekumpulan mahasiswa Tadris Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang tegabung dalam HIMBIO. Selama 5 hari Senin – Jumat (11-15/11), digelar Festival of Excellences di aula gedung SBSN FSEI kampus setempat. 
Festival diisi serangkaian kegiatan untuk menanamkan cinta sains pada siswa SMA se Jawa Barat dan Jakarta. Di antaranya Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Lomba Kreasi Barang Bekas (LKBB), Olimpiade Biologi, Desain Alat Peraga dan Lomba Fotografi.
Tentu saja yang paling menyita perhatian adalah LKBB. Para siswa perserta sedapat mungkin menciptakan ide pengolahan barang bekas kemudian dituangkan dalam bentuk karya. 
Ketua Pelaksana Festival, Thesa Falahiyah Endang mengungkapkan, Festival of Excellences memang dirancang untuk melatih kepekaan siswa terhadap isu lingkungan.

Melalui kegiatan ini, pihaknya berharap para siswa termotivasi untuk menggunakan sains dalam penyelesaian masalah lingkungan terutana pemanfaatan barang bekas. 

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat. Selalu sukses terus untuk semuanya agar terus berkembang,” tegas dia. (wan)
BAGIKAN