Bersama UIN Jogja, IAIN Cirebon Dapat Jatah Kuota Beasiswa Santri Dit PD Pontren

Bersama UIN Jogja, IAIN Cirebon Dapat Jatah Kuota Beasiswa Santri Dit PD Pontren

RAKYATCIREBON.ID – IAIN Syekh Nurjati Cirebon dipastikan mendapat jatah kuota beasiswa santri dari Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Dit PD Pontren) Kementerian Agama (Kemenag). Beasiswa santri akan diberikan bagi lulusan pesantren yang kuliah di PTKIN satu-satunya di Ciayumajakuning ini.

Direktur PD Pontren, Dr Waryono MAg memastikan, setidaknya ada dua PTKIN yang kebagian kuota beasiswa ini yakni IAIN Cirebon dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Terkait kuotanya, Waryono mengaku belum bisa menerangkan lebih rinci. “Lagi pemetaan dulu (terkait jumlah, red),” ungkapnya saat Kunjungan Kerja ke Kota Cirebon, Jumat (2/10).

Waryono menambahkan, PTKIN yang mendapatkan kuota beasiswa harus punya distingsi keilmuan. Menurutnya, IAIN Cirebon punya kekhasan khazanah lokalitas yang kaya. “Prinsipnya dari kami, PTKIN itu punya keunggulan apa yang bisa ditawarkan kami pilih sesuai kebutuhan masyarakat. Sehingga alumninya bisa dimanfaatkan user (masyarakat, red),” ucap Waryono.

Selain itu, adanya refocusing anggaran (alokasi dana darurat Covid-19) di Direktorat yang dipimpinnya berdampak pada pembatasan pemberian beasiswa bagi PTKIN. “Oleh karena itu harus dihitung dulu (ketersediaan anggaran dan jumlah kuota beasiswa, red),” ucap dia.

Rektor IAIN Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg mengatakan, IAIN Cirebon merupakan salah satu tujuan pendidikan tinggi bagi alumni pesantren. Kebanyakan mahasiswa saat ini juga merupakan jebolan pesantren. Sehingga sangat tepat jika kuota beasiswa santri Dit PD Pontren dipercayakan ke IAIN Cirebon.

“Atas kunjungan Direktur PD Pontren ini berkah bagi IAIN Cirebon. Karena IAIN Cirebon mendapatkan beasiswa santri. Jumlahnya belum ditentukan mau diolah lagi data itu,” ucap Sumanta. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!