Bisnis Berkembang Jika Mengikuti Tren

SMKN 2 Kota Cirebon Arahkan Siswa Buka Usaha Sendiri

84
Rancang Busana
RANCANG BUSANA. Siswa program keahlian Tata Busana tengah kerjakan rancangan busana sebagai uji kompetensi mereka sebelum masuk dunia kerja. Dibidang tata busana ini termasuk yang paling banyak diminati siswa yang ingin membuat usaha sendiri.

KESAMBI – Guna meningkakan daya saing tenaga kerja produktif asal Cirebon dengan daerah lain, sejak dini calon tenaga kerja dibekali kemampuan yang memadai. Hal itulah yang diterapkan di SMKN 2 Kota Cirebon.

Wakil Kepala SMKN 2 Kota Cirebon, Siti Komariah mengatakan, sebelum lulus siswa dibekali terampilan kerja untuk meningkatkan produktivitas kerja saat diterima di tempat kerja maupun memulai usaha sendiri. Menurut dia, kebutuhan tenaga kerja produktif  di industri  besar tergolong tinggi. Di Jawa Barat, tenaga kerja produktif banyak diserap industri yang terpusat di beberapa daerah. Sayangnya, pemenuhan kebutuhan  tenaga kerja itu tidak sepenuhnya dari Jawa Barat. Tidak hanya industri, pihak sekolah mengarahkan siswanya membuat usaha sendiri.

Pasalnya di Cirebon, usaha apa saja jika ditekuni terbilang menguntungkan. Fashion salah satunya. Banyak pengusaha muda bergelut di bidang fashion.

Usaha ini, kata dia, terbilang sangat potensial lantaran perkembangan tren fashion di Cirebon dari tahun ke tahun selalu meningkat. Permintaan per unitnya baik. Asal mau mengikuti tren yang berlaku di masanya.

“Kami arahkan siswa ini untuk bisa merancang busana sendiri. Dari pemilihan bahan, desain busana, sampai pengerjaan mereka harus bisa. Hal tersebut akan berpengaruh pada perhitungan laba,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon.