BPJS Luncurkan Aplikasi Mudik

33
KESAMBI – Menjelang arus mudik tahun ini, semua pihak dan berbagai instansi berlomba-lomba untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terutama para pemudik, tidak terkecuali Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.
bpjs siapkan aplikasi mudik kesehatan
Aplikasi BPJS Kesehatan. Foto: Asep/Rakyat Cirebon
Untuk mempermudah masyarakat yang menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dalam mengakses segala informasi mengenai pelayanan dan fitur lainnya, maka BPJS telah meluncurkan sebuah aplikasi mobile bernama Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan.
Berbeda dengan Aplikasi yang sudah dimiliki BPJS Kesehatan sebelumnya, yakni BPJS Kesehatan Mobile, Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan ini lebih diperuntukkan untuk para pemudik yang ingin mengaskes informasi mengenai pelayanan kesehatan selama perjalanan.
Aplikasi baru tersebut bisa langsung diunduh melalui Playstore maupun App Store pada Smartphone, didalamnya terdapat beberapa menu, seperti pada tampilan awal ada menu pilihan Telepon Penting, Kantor BPJS Kesehatan (terdekat), Fasilitas Kesehatan (Faskes) BPJS Kesehatan (terdekat), Tanya jawab hingga dilengkapi dengan fitur lokasi penting seperti Pom Bensin dan rest area terdekat.
Kepala Unit hukum dan Komunikasi Publik KCU BPJS Kesehatan Cirebon, Sumbut Murwata mengatakan, bahwa didalamnya ada daftar nomor-nomor emergency, seperti Ambulance, nomor polisi sampai nomor jasa derek.
“Di menu telepon itu ada nomor-nomor yang biasanya tiga digit, itu nomor penting bagi peserta yang membutuhkan bantuan,” ungkap Sumbut saat diwawancarai wartawan koran ini, kemarin.
Untuk para peserta JKN-KIS yang akan melakukan aktifitas mudik ke kampung halaman, aplikasi ini sangat dianjurkan untuk dipasang di perangkat smartphone untuk antisipasi saat membutuhkan bantuan, terutama di bidang pelayanan kesehatan.
“Ini kita buat khusus untuk melayani para pemudik, silahkan bisa dengan mudah di download, tentunya yang penting kartu JKN-KIS nya jangan lupa dibawa dan diaktifkan,” lanjut dia.
Untuk diketahui, pada arus mudik tahun2017 ini, BPJS Kesehatan juga membuka posko mudik di delapan titik padat pemudik. Delapan posko ada di dua Stasiun,yakni Stasiun Bandung dan Stasiun di Yogyakarta, di tiga Terminal, yakni terminal Pulo Gebang, Jakarta, Terminal Tirtonadi, Surakarta serta Terminal Bungurasih, Surabaya.
Selain itu, tiga posko lainnya ada di tiga pelabuhan, yakni Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Pelabuhan Gilimanuk, Bali, serta Pelabuhan Merak, Banten.
“Bagi yang memerlukan informasi lebih lanjut, kita tetap siagakan Care Center kita di nomor 1-500-400, jika lelah, untuk para pemudik kami juga buka posko di delapan tempat,” tandas Sumbut. (sep)
BAGIKAN