Bupati Cirebon Ajak FKKC Sukseskan Pilwu

14
TALUN – Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra mengajak semua elemen masyarakat turut menyukseskan pemilihan kuwu (Pilwu) serentak pada 25 Oktober mendatang.  Pasalnya pemilihan kuwu yang biasa diselenggarakan lima tahun sekali secara serentak tersebut baru pertama kali dilaksanakan.

bupati cirebon sunjaya
Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra. doc. Rakyat Cirebon 

Dikatakan Sunjaya, pemilihan kuwu serentak merupakan hajat Kabupaten Cirebon. Sehingga masyarakat juga harus turut menciptakan sistem aman dan nyaman. Mengingat pesta demokrasi untuk memperebutkan pimpinan di desa tersebut, menjadi tolak ukur Kabupaten Cirebon. Artinya sukses atau tidaknya dapat berpengaruh terhadap image Kabupaten Cirebon.

“Jangan terprovokasi kegiatan yang dapat mencederai nama kuwu. Karena asal mula nama kuwu sendiri tidak sembarangan, karena yang menyandang pertama kali adalah Raden Kian Santang atau yang dikenal Kuwu Sangkan,” ujarnya pada saat kegiatan Haul Kuwu Sangkan di Desa Cirebon Girang Kecamatan Talun, kemarin (14/10).

Pada kesempatan tersebut pula, Sunjaya mengajak forum komunikasi kuwu Cirebon (FKKC) untuk turut menyukseskan pilwu tersebut. Karena selama ini dirinya menilai keberadaan FKKC selalu memberikan kontribusi pada pemerintah daerah. “Ini pertama kali, maka pemilihan sebagai tolak ukur awal di Kabupaten Cirebon. Kalau ini baik, maka akan jadi lebih baik lagi kedepannya,” tandasnya kepada Rakyat Cirebon.

Sunjaya berpesan agar kuwu yang tidak lagi menjabat, harus memberikan fasilitasnya pada kuwu yang baru. Jangan sampai, lanjutnya, sudah tidak menjabat lagi sebagai kuwu namun tanah bengkok dan titisara masih dikuasi.

“Kan ada kasus sudah tidak menjabat lagi, tapi fasilitas desa masih dikuasi. Jangan sampai hal seperti itu terjadi di Kabupaten Cirebon. Jangan melihat tanah bengkok dan lainnya, mari yang kita kedepankan bagaimana harus mensejahterakan masyarakat,” terang Sunjaya.

Ketua FKKC, H Carkim menegaskan bahwa pihaknya akan mendukung dan menyukseskan pilwu nanti. Bahkan pihaknya membuka pintu secara lebar bagi  kuwu yang terpilih nanti untuk bisa bergabung dengan forum kuwu tersebut.

“Pada intinya kita selalu mendukung program pemerintah daerah. Begitupun dengan pemilihan kuwu, kita siap mendukung dan menyukseskannya,” jelasnya pada Rakcer. (ari)

BAGIKAN