Bupati Keluar Dana Pribadi Rawat TMP

Bupati Keluar Dana Pribadi Rawat TMP

“Tidak ada anggaran untuk pemeliharaan, dulu kita mengandalkan air dari PDAM untuk menyiram tanaman di TMP ini. Kita juga akan koordinasi lagi dengan PDAM,” kata Maryono.

Pada tahun ini, Pemkab Cirebon mengalokasikan dana Rp2,4 miliar untuk pembangunan fasilitas di  TMP Cakra Buana tersebut.  Sejak dibangun pada  2016 lalu, di TMP ini  sudah tersedia beberapa fasilitas, di antaranya monumen pahlawan, juga akses masuk jalan yang kini sudah bagus.

“Kita juga akan membangun lantai monumen pahlawan dari marmer pada tahun ini, serta gedung LVRI,” ujar Maryono.

Maryono menambahkan, pada tahun depan Pemkab Cirebon kembali akan mengalokasikan dana Rp600 juta untuk penambahan fasilitas TMP.

“Tadinya dana ini akan kita gunakan untuk pembangunan pagar, tapi sepertinya tidak akan cukup, sebab untuk membangun pagar di sekelliling lahan seluas 3,5 hektar itu setidaknya butuh hingga Rp1,2 miliar, kalau hanya setengahnya masa sih kita bangun pagarnya hanya setengahnya, jadi sepertinya tidak akan untuk pembuatan pagar,” katanya.

Namun, menurutnya, dana itu bisa digunakan untuk biaya santunan kepada keluarga pahlawan yang bersedia memindahkan makamnya ke TMP Cakra Buana itu.

“Ada dana Rp1,5 juta untuk biaya santunan dan tahlilan per satu keluarga. Tahun depan kita targetkan ada 30 pahlawan lagi yang dimakamkan disini, tentunya setelah kita mendapatkan persetujuan dari pihak keluarga,” ujar Maryono.

Maryono menambahkan, target pahlawan yang akan dimakamkan di TMP adalah 159 pahlawan, dan pada tahun lalu telah ada 43 pahlawan yang sudah dimakamkan.

“Kami masih terus koordinasi dengan para keluarga pahlawan, meminta supaya pahlawan dari keluarga mereka dimakamkan di TMP. Data-data para pahlawan yang akan kita makamkan di sini sudah kita pegang, hanya tingga menunggu waktu untuk dipindahkan kerangkanya,” ujarnya. (yog)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!