Bupati Keluar Dana Pribadi Rawat TMP

247
MATI
MATI. Tanaman di TMP tampak mati tidak terawatt, Bupati DR H Sunjaya Purwadisastra akui siapkan uang pribadi untuk melakukan perawatan.

SUMBER – Bupati Cirebon Dr H Sunjaya Purwadisastra MM MSi menyayangkan ketiadaan anggaran untuk perawatan tanaman di Taman Makam Pahlawan Cakrabuana yang berada di Kelurahan Gegunung, Kecamatan Sumber. Menurutnya, TMP kini terus dipercantik setelah pada tahun lalu TMP diresmikan.

Pada tahun ini, Pemkab Cirebon menggelontorkan sejumlah anggaran untuk menambah sarana dan prasarana di komplek makam tersebut.

Salah satu sarana dan prasarana yang ditambahkan adalah taman di sepanjang kanan dan kiri akses masuk TMP.

“Saat ini musim kemarau, kalau tidak dipelihara ya tanaman itu nanti mati. Saat saya datang ke TMP, tanaman dalan kondisi akan mati,” kata Sunjaya.

Menurutnya, akhirnya diketahui tidak ada anggaran untuk pemeliharaan tanaman tersebut. Namun akhirnya dirinya memilih untuk mengeluarkan anggaran secara pribadi untuk memeliharan tanaman tersebut.

“Mau nunggu anggaran yang digelontorkan dari APBD ya lama, tanaman itu keburu mati. Saya menyayangkan kenapa dinas terkait tidak mengadakan anggaran untuk perawatan atau pemeliharaan tanaman, kan aneh namanya kalau mengadakan anggaran tanaman tapi tidak ada anggaran untuk pemeliharaan.

Misalnya, anggaran untuk tanaman digelontorkan Rp200 juta, tiap tahun begitu, tapi tidak ada anggaran pemeliharaan, lalu tanaman mati, selalu begitu. Jangan sampai anggaran pengadaan tanaman ini menjadi proyek abadi yang tidak berkesudahan,”  tegas Sunjaya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon Maryono mengatakan, cuaca panas akibat kemarau memang membuat banyak tanaman mati.