Buruh Janji Tidak Turun ke Jalan

97
SEPAKAT.
SEPAKAT. Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Asosiasi Pengusaha Indonesia, Serikat Pekerja dan para perwakilan manajemen perusahaan di kabupaten Majalengka membuat kesepakatan menjaga kondusivitas saat peringatan may day, yang jatuh pada 1 Mei 2018.

MAJALENGKA – Jelang pelaksanaan may day, Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin), Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Serikat Pekerja dan para perwakilan manajemen perusahaan, yang tergabung dalam lembaga tripartid yang ada di Kabupaten Majalengka membuat kesepakatan untuk bersama-sama menjaga kondusifitas dalam pelaksanaan may day, yang akan jatuh pada 1 Mei 2018 mendatang.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan Hubungan Industrial Disnakerin Sangap Sianturi mengatakan, bentuk kesepakatan bersama yang dilakukan secara lisan dan tulisan tersebut dalam rangka silaturahmi dengan para perwakilan Serikat Pekerja, Manajemen, Disnakerin dan Apindo.

“Semuanya telah sepakat tidak akan turun ke jalan pada saat momen May Day dan diharapkan kegiatan May Day lebih diisi dengan kegiatan – kegiatan positif, seperti sosial, olah raga dan lain sebagainya,” ungkapnya, Rabu (25/4).

Sementara itu, Ketua Apindo kabupaten Majalengka, H Irwan Suryanto sangat mengapresiasi atas dilakukannya kesepakatan bersama. Menurutnya, dalam upaya meningkatkan kualitas kinerja, kondisi yang kondusif harus dilakukan bersama. Bahkan, dirinya juga menyarankan kepada para perusahaan yang ada di kabupaten Majalengka untuk segera bergabung di organisasi Apindo.

Dijelaskan Irwan, misi Apindo ialah untuk meningkatkan daya juang dan daya saing perusahaan atau pengusaha, mewujudkan ketenagakerjaan dan hubungan industrial yang harmonis, dinamis serta berkeadilan, melindungi.

Juga memberdayakan dan membela seluruh pelaku usaha Indonesia terutama anggota dan merepresentasikan dunia usaha Indonesia di berbagai lembaga Nasional dan Internasional dan secara khusus di dalam Lembaga Ketenagakerjaan.

“Mari kita bersama – sama mewujudkan dunia ketenagakerjaan yang kondusif, aman dan harmonis dan saya berharap para manajemen perusahaan yang telah diberikan formulir pendaftaran keanggotaan Apindo untuk segera menyerahkan biodatanya paling lembat Minggu depan,” tandasnya.

Semenyara itu, Ketua KSPSI Majalengka Muhammad Basyir SPd I melalui Sekretarisnya Asep Odin menyampaikan, dengan adanya upaya ini menjadi bukti bahwa pemerintah sangat memperhatikan dunia ketenagakerjaan.

Namun, disini lain dirinya berharap kepada pemerintah bukan peka terhadap isu – isu di dunia ketenagakerjaan.

Melainkan pemerintah juga harus terus fokus meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan pekerjaan beserta keluarganya.

“Dengan demikian jika konsep tersebut dapat terealisasi oleh pemerintah, pekerja dapat memberikan kontribusi yang optimal bagi kemajuan dan kesinambungan perusahaan,” ujarnya.(hsn)